Dermaga Susoh Abdya, Target TNI-Polri Sosialisasi Prokes Covid-19 di Bulan Ramadhan

Dermaga Susoh Abdya, Target TNI-Polri Sosialisasi Prokes Covid-19 di Bulan Ramadhan
Dermaga Susoh Abdya, Target TNI-Polri Sosialisasi Prokes Covid-19 di Bulan Ramadhan. (Ist)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Untuk menekan angka laju penyebaran Covid-19 di Aceh Barat Daya (Abdya), Pemerintah dan TNI-Polri tidak henti dan bosan-bosannya dalam melakukan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah yang berjuluk "Breuh Sigupai" itu.

Salah satunya di lokasi Komplek Dermaga PPI Ujong Serangga yang berada di Gampong Padang Baru, Kecamatan Susoh. Lokasi tersebut menjadi target utama TNI-POLRI dalam melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Plh Danramil 04/Susoh, Serma Roni K melalui keterangannya kepada ACEHPORTAL.com, Rabu (5/5/2021).

Pasalnya, lokasi tersebut merupakan salah satu objek yang selalu ramai dikunjungi warga saat menjelang buka puasa pada bulan Ramadhan ini. 

Tidak hanya di bulan Ramadhan, pada hari-hari biasa pun lokasi ini juga tampak ramai didatangi masyarakat pada setiap sore harinya.

"Kondisi ini sangat mengkhawatirkan di tengah pandemi virus Corona yang sedang melanda saat ini. Sebab sebagian besar pengunjung di lokasi tersebut tidak memakai masker, dan bahkan tidak menjaga jarak," tutur Serma Roni.

Jika kondisi itu terus berlangsung demikian, maka kata Serma Roni dikhawatirkan akan berpeluang terjadinya pembentukan klaster baru penyebaran Covid-19 di Abdya.

"Untuk mengatasi hal itu, kita kemarin dari personel Koramil 04/Susoh dan dibantu oleh personel Polsek Susoh melaksanakan kegiatan serbuan masker dan sekaligus mengimbau masyarakat yang berkunjung ke lokasi tersebut supaya tetap menjaga Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19," ungkapnya.

Hal itu, lanjut Serma Roni dilakukan hanya semata-mata untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Abdya.

Ia menjelaskan, kali ini personel dari gabungan TNI-POLRI tidak hanya berkoar-koar menyampaikan tentang bahaya virus Corona, melainkan juga memfasilitasi warga yang ditemui di TKP tidak memakai masker langsung diberikan masker secara gratis oleh pihaknya.

"Kali ini kita betul-betul kerja keras dan menggugah kesadaran masyarakat agar bisa lebih legowo dan mengikuti imbauan kita ini," tutur Serma Roni.

Plh Danramil Susoh itu berharap jangan sampai kasus Covid-19 di Indonesia menjadi mengerikan seperti negara lain yaitu di India.

"Jagan sampai terjadi di negara yang kita cintai ini, hal yang serupa bisa saja terjadi kalau tingkat keloyalan kita dan kesadaran kita semua masih kurang," ujarnya.

Oleh karena itu, Serma Roni mengimbau seluruh masyarakat Abdya untuk selalu mematuhi Protkes Covid-19 dengan membiasakan perilaku praktek 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan saat berada di rumah maupun di luar.