Breaking News

Dapur Rumah Warga di Abdya Ludes Terbakar

Dapur Rumah Warga di Abdya Ludes Terbakar

Blangpidie, Acehportal.com - Dapur rumah milik seorang warga di Gampong Pantee Geulumpang, Kecamatan Tangan-Tangan, Aceh Barat Daya (Abdya) ludes dilalap si jago merah, Minggu (14/2/2021).

Informasi yang diterima dari Ketua Tagana Abdya Yasri Gusman, peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.40 WIB menimpa rumah milik Ibu Hamidah (67) warga gampong setempat.

"Rumah yang terbakar tersebut dihuni oleh ibu Hamidah dan ia tinggal bersama lima orang anaknya," kata Yasri.

Yasri menyebutkan api hanya melalap bagian dapur rumah milik ibu Hamidah. Api tidak sempat merembet ke bagian depan rumah lantaran cepat dipadamkan.

"Yang terbakar hanya bagian dapur saja, karena konstruksi bangunannya dari papan dan cuaca panas seperti ini sehingga sangat mudah dimakan api," jelasnya.

Untuk memadamkan api, sambungnya tim BPBK Abdya menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran yang diturunkan dari Pos Pemadam Kecamatan Manggeng.

"Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan oleh tim pemadam bersama warga, sehingga tidak sempat merembes ke bagian bangunan lain," imbuhnya.

Pihaknya menyatakan api berasal dari dalam dapur saat pemilik rumah sedang memasak menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu.

"Diduga kemungkinan besar pemilik rumah lalai dan tidak mengontrol api ketika ia sedang memasak di dapur," kata Yasri.

Ketua Tagana Abdya itu juga mengungkapkan, akhir-akhir ini cuaca panas ekstrim terjadi di sejumlah wilayah di Abdya.

Sehingga, dia berpesan agar masyarakat waspada dan lebih berhati-hati pada saat sedang membakar sesuatu.

"Kami mengingatkan kepada masyarakat ketika sedang membakar itu untuk mengontrol api agar tidak menjalar yang bisa menyebabkan kebakaran," pesannya.

Rubrik:Daerah, Peristiwa
Iklan idul fitri gub