Breaking News

Cegah Stunting, Gampong Lhung Asan Blangpidie Bentuk RDS

Cegah Stunting, Gampong Lhung Asan Blangpidie Bentuk RDS
Cegah Stunting, Gampong Lhung Asan Blangpidie Bentuk RDS. (Salman/ACEHPORTAL.com)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Usai melakukan pembentukan Forum Anak, kali ini Pemerintah Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) juga membentuk Forum Rumah Desa Sehat (RDS) atau Rumah Gizi Gampong di gampong setempat.

Dalam pembentukan RDS itu sekaligus dilaksanakan pemilihan pengurus harian. Kegiatan difasilitasi oleh Pendamping Desa yang berlangsung di Gedung TPA Gampong Lhung Asan, Sabtu (1/5/2021).

Pj. Keuchik Gampong Lhung Asan, Abdul Haris melalui Sekdes Maidi mengatakan pembentukan RDS sebagai salah satu upaya untuk menekan angka stunting atau gizi buruk balita di desa.

"Alhamdulillah, hari ini kita sudah membentuk forum rumah desa sehat Gampong Lhung Asan," tutur Maidi, usai acara.

Ia menjelaskan, salah satu dasar pembentukan RDS itu, selain menjadi prioritas dalam Perbup Abdya tahun 2020, juga berdasarkan PP Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi.

Dimana dalam PP tersebut, tambah Maidi salah satu program yang dilaksanakan pemerintah adalah upaya pencegahan dan penanganan stunting atau gizi buruk di desa.

"Upaya pencegahan gizi buruk anak di gampong ini perlu melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan rumah desa sehat dalam bentuk sekretariat bersama di gampong Lhung Asan," terangnya.

Selain itu, papar Maidi fungsi RDS itu juga sebagai pusat pembelajaran masyarakat, ruang literasi kesehatan dan pusat informasi kesehatan, serta forum advokasi kebijakan pembangunan di gampong khususnya bidang layananan kesehatan. 

"Pengurus yang terpilih pada sekretariat RDS ini langsung kita kukuhkan dalam SK Keuchik," imbuhnya.

Turut hadir kegiatan tersebut, Pendamping Desa Kecamatan Blangpidie, M. Tahir, PLD, aparatur gampong, Bidan Desa, KPM dan unsur dari para kader lainnya di Gampong Lhung Asan.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum
Iklan idul fitri gub
Iklan bub gayo lues