Cara Memotong Lagu untuk Nada Dering dengan Berbagai Aplikasi

Cara Memotong Lagu untuk Nada Dering dengan Berbagai Aplikasi

ACEHPORTAL.com - Cara Memotong Lagu untuk Nada Dering dengan Berbagai Aplikasi - Ada banyak file dengan berbagai format yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan di ponselnya. Dimana bentuk audio yang telah tersedia terdapat  berbagai macam ekstensi .

Seperti file pada umumnya, lagu dan musik dapat dipotong dan diambil hanya beberapa bagian saja. Proses pemotongan lagu bisa digunakan untuk berbagai hal. Diantaranya untuk keperluan pembuatan video, mixing, dan berbagai hal lainnya. Berikut cara memotong lagu untuk ringtone dengan berbagai aplikasi.

Cara Memotong Lagu dengan Berbagai Aplikasi

Aplikasi Ringpod

  • Pilih aplikasi Ringpod, lalu pilih lagu favorit Anda untuk dijadikan ringtone. Lagu favoritnya sudah ada di galeri musik di hp kamu, tinggal pilih aja.
  • Setelah Anda memilih lagu favorit Anda untuk menjadi nada dering Anda, pilih Edit.
  • Langkah selanjutnya adalah memotong bagian dari lagu favorit Anda yang akan digunakan sebagai nada dering. Anda bebas memotong bagian mana pun dari lagu favorit Anda, baik itu awal lagu, bagian reff lagu, atau akhir lagu, tergantung bagian mana dari lagu favorit yang paling Anda sukai.
  • Untuk durasi ringtone bisa kamu atur sendiri, nanti dibikinin berapa lama, mau pendek atau lama durasinya terserah kamu. Kursor di bagian atas digunakan untuk menandai dari mana lagu favorit Anda akan dimulai, dan kursor di bagian bawah digunakan untuk menandai lagu sebagai akhir nada dering. Anda dapat memindahkan dua kursor ke sana-sini sampai Anda mendapatkan potongan lagu yang tepat, cukup dengarkan lagu itu berulang-ulang sampai Anda merasa yakin dan cocok dengan bagian lagu yang ingin Anda potong.
  • Jika Anda merasa yakin dan pas untuk mendapatkan potongan lagu favorit Anda, pilih saja simpan sebagai (gambar floppy disk di atas). Pada type pilih ringtone, lalu isikan nama dengan nama file yang anda inginkan, atau dengan nama file yang sudah ada, tambahkan saja kata ringtone di awal kalimat, untuk memudahkan anda saat ingin menggunakan ringtone untuk nada dering, sms atau lainnya, pilih simpan.
  • Jika muncul kalimat sukses, itu tandanya kamu sudah berhasil menjadikan lagu favoritmu sebagai ringtone, pilih close. Nada dering yang Anda buat sebelumnya akan berada di ringpod.

Aplikasi Audio Cutter

Untuk memotong lagu pada aplikasi ini hanya dengan menggunakan tombol “Set Begin” yang berfungsi untuk menentukan posisi awal pada lagu dan juga tombol “Set End” untuk menentukan posisi akhir pada lagu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal program dan menjalankannya. Format keluaran lagu mendukung MP3, WMA, OGG dan WAV. Fitur yang ada pada aplikasi ini yaitu fitur untuk tidak mengubah kualitas asli dari audio yang diedit.

Pada menu "Config" kita dapat mengubah pilihan MP3, seperti pengaturan "Sampling Frequency" atau jenis "Channels Mode" sesuai dengan format yang diinginkan. Begitu juga untuk ukuran Bitrate lagunya bisa diatur dari 8 hingga 320 Kbps. Pilihan lainnya adalah Encoder Quality atau kualitas hasil lagu setelah encoder, bisa ditentukan dari angka 0 sampai 9. Setting selanjutnya yang bisa diatur adalah pada menu VBR dan Preset.

Untuk memotong lagu mp3 yang diinginkan, buka file lagu dengan mengklik tombol dengan gambar folder, lalu pilih lagu mana yang akan dipotong. Pangkas atau potong lagu sesuai keinginan. Jika Anda harus menyimpan hasil pemotongan lagu, Anda hanya perlu mengklik tombol yang bergambar Gunting kemudian Simpan. Cukup mudah, sederhana dan sangat praktis.

Demikian ulasan tentang cara memotong lagu untuk nada dering dengan berbagai aplikasi, semoga bermanfaat.

Rubrik:Umum