Breaking News

Bulan Mei, Kecelakaan Lalu Lintas di Aceh Timur Didominasi Anak Dibawah Umur

Bulan Mei, Kecelakaan Lalu Lintas di Aceh Timur Didominasi Anak Dibawah Umur
Akibat kecelakaan lalu lintas. (Ist)

IDI RAYEUK, ACEHPORTAL.com - Sepanjang bulan Mei 2021, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Aceh Timur mencatat setidaknya terjadi 50 kali kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah hukum Polres Aceh Timur, baik kecelakaan tunggal maupun kontra.

Berdasarkan data yang dihimpun, dari 50 kejadian lakalantas itu mengakibatkan 13 orang meninggal dunia, tujuh orang mengalami luka berat dan 82 orang lainnya mengalami luka ringan dengan kerugian material lebih kurang Rp 88 juta rupiah.

Kasus kecelakaan tersebut sebagian besar melibatkan korban atau pelakunya yakni anak di bawah umur dan masih berstatus pelajar.

Menanggapi hal itu, Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro merasa sangat prihatin dan mengimbau masyarakat khususnya para orang tua untuk tidak memberikan kendaraan roda dua maupun roda empat kepada anak di bawah umur.

"Kami sangat prihatin sekaligus mengimbau kepada orang tua agar tidak memberikan anak-anaknya yang masih di bawah umur kendaraan bermotor, karena kendaraan bermotor merupakan mesin pembunuh nomor satu," ungkap Kapolres, Senin (31/5/2021).

“Kadang memang kita ini dilematis, artinya penegakan hukum itu dianggap hal yang menyusahkan. Padahal hal tersebut merupakan upaya dalam membangun peradaban, karena lalu lintas itu mencerminkan peradaban,” sebut Kapolres.

Karenanya Eko juga mengimbau masyarakat, Aceh Timur khususnya, untuk berhati-hati saat berkendara dengan mematuhi peraturan lalu lintas dan menggunakan alat keselamatan berkendara serta tidak mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, pihaknya mengaku akan fokus pada pembinaan kesadaran berlalu lintas kepada masyarakat. Pembinaan kesadaran berlalu lintas ini akan khusus diberikan kepada pelajar agar terhindar dari bahaya kecelakaan yang selama ini didominasi oleh pelajar.

"Mari bersama-sama menjaga dan mentaati peraturan berkendaraan dengan baik demi keselamatan kita bersama. Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan untuk Kemanusiaan," pungkas Kapolres.