Breaking News

BNI Syariah: Nasabah Tidak Perlu Khawatir Saldo Tetap Aman

BNI Syariah: Nasabah Tidak Perlu Khawatir Saldo Tetap Aman
Kepala Bank BRISyariah Blangpidie, Abdya, Muhammad Ali. (Ist)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Kepala Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah Cabang Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya), Muhammad Ali menjelaskan untuk sementara nasabah ex BNI Syariah dan ex BRI Syariah tidak bisa melakukan transaksi di bank tersebut, dikarenakan sedang penyesuaian sistem migrasi rekening ke Bank Syariah Indonesia (BSI).

Hal tersebut disampaikan Muhammad Ali, saat dikonfirmasi ACEHPORTAL.com, Selasa (8/6/2021).

"Jauh-jauh hari kita sudah informasikan migrasi rekening hanya proses pemindahan bukuan dari ex nasabah BNI Syariah dan ex nasabah BRI Syariah ke BSI. Hal ini dikarenakan adanya penggabungan beberapa bank yakni BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Mandiri Syariah menjadi BSI," terangnya.

Proses pemindah bukuan itu, dikatakan Ali, nasabah tidak perlu takut dan khawatir sebab saldo uang di rekening tidak akan hilang sama sekali.

"Sebab banyak pemberitaan yang mengatakan uang saldo di rekening akan hilang, itu kabar hoax, jadi masyarakat tidak perlu khawatir uang nasabah tetap aman," ujarnya.

Ali menjelaskan, uang saldo di rekening lama BNI Syariah jika dicek memang nol, akan tetapi hal tersebut bukan berarti saldo terkuras. 

Nasabah setelah melaksanakan proses pemindah bukuan dari BNI Syariah atau BRI Syariah ke BSI, maka akan mendapatkan buku tabungan BSI. Sedangkan saldo uang nasabah masih utuh di buku rekening yang baru.

"Hanya saja yang berubah buku tabungan, sedangkan nomor rekening tetap masih sama dan nasabah bisa melakukan transaksi kembali," kata dia.

Jadwal proses migrasi itu sendiri, kata Ali sudah dimulai sejak tanggal 7 Juni 2021 kemarin untuk wilayah Aceh. 

Proses pemindah bukuan atau migrasi rekening ke BSI itu, nasabah sambungnya bisa langsung mengunjungi kantor BSI. Meskipun sedang berada di luar kota/daerah, nasabah masih bisa melakukan migrasi rekening ke BSI Cabang terdekat di dalam kota tersebut.

Selain itu, sebut Ali, proses migrasi nomor rekening juga bisa dilakukan secara online melalui BSI Mobile. Aplikasi bisa didownload di play store. Layanan tersebut bertujuan agar nasabah tidak memerlukan antrian panjang di bank.

"Kita lihat nasabah dominannya lebih menyukai memperoleh layanan langsung ke BSI, padahal untuk proses migrasi rekening itu juga bisa dilakukan di aplikasi Mobile BSI," jelasnya.

Pihaknya menyatakan, akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama bagi pelaku usaha yang sangat memerlukan layanan bank BSI dengan mudah dan cepat.

"Harapan kita penyesuaian sistem proses migrasi rekening ke BSI ini bisa selesai sampai dengan tanggal 31 Juni 2021 mendatang," pungkasnya.

Amatan ACEHPORTAL.com, pelayanan nasabah yang melakukan migrasi rekening ke BSI di dalam ruangan bank tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Kendati diluar bank tampak masyarakat sangat ramai dan antusias mengurus administrasi migrasi rekening BSI tersebut.

Editor:
Rubrik:Daerah, Ekonomi