Breaking News

BMA Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Tahap Kedua Khusus Dayah Tipe B dan Tipe C

BMA Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Tahap Kedua Khusus Dayah Tipe B dan Tipe C
ILUSTRASI Santri Pondok Pesantren Sabilil Muttaqin (PSM) Desa Emplak Kalipucang Kabupaten Pangandaran sebelum Pandemi Covid-19.* //DOK. Pesantren Sabilil Muttaqin

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com – Baitul Mal Aceh (BMA) kembali membuka pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan bagi Santri Se-Aceh tahun 2021. Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 24-28 Juni 2021 dan ditujukan khusus untuk para santri dari dayah atau pesantren tipe B dan C di Provinsi Aceh.

Ketua Badan Baitul Mal Aceh, Prof Dr Nazaruddin A Wahid MA, Rabu (23/04/2021) mengatakan bantuan tersebut bertujuan untuk mengurangi beban biaya pendidikan para santri dari keluarga miskin selama menuntut ilmu.

“Sasaran utama program tersebut adalah para santri yang sedang menempuh pendidikan di pesantren atau dayah dengan tipe B dan C yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Sedangkan untuk tipe A dan A+ sudah kita akomodir di pendaftaran tahap pertama. Selain itu diprioritaskan bagi santri yang berasal dari keluarga kurang mampu,” kata Prof Nazaruddin.

Prof Nazar lebih lanjut menjelaskan kriteria santri penerima bantuan tersebut diantaranya ber KTP dan KK Aceh, diutamakan santri dari keluarga miskin/yatim/dhuafa, santri aktif dan menetap di dayah/pesantren. Selanjutnya berusia maksimal 20 Tahun (kelahiran tahun 2001) dan belum pernah menerima bantuan dari Baitul Mal Aceh.

Selain itu santri berasal dari Dayah/Pesantren tipe B dan C di Provinsi Aceh dan dalam 1 KK yang diterima hanya 1 orang saja.

“Adapun syarat administrasinya adalah Kartu Keluarga (KK), buku rekening Bank Aceh atas nama santri atau orangtua/wali santri dan Surat Keterangan Aktif dari dayah atau Kartu Tanda Santri yang masih berlaku,” jelas Prof Nazar.

Guru besar UIN Ar-Raniry itu menambahkan, semua dokumen administrasi harus diubah/convert ke format JPEG (gambar). Adapun dokumen yang tidak terbaca atau tidak jelas, maka tidak akan diproses/tidak lulus/gugur.

Jika memakai rekening orangtua/wali, maka nama orangtua/wali tersebut wajib tercatat pada Kartu Keluarga yang disampaikan dan diharuskan dengan Rekening Bank Aceh. Adapun santri yang lulus tahap pertama tidak dibenarkan lagi mendaftar pada tahap kedua.

Pendaftaran bantuan tersebut terbuka untuk seluruh santri yang memenuhi syarat dan tidak dipungut biaya.

Link pendaftaran online http://bit.ly/bantuansantri_tahap2.

Untuk informasi dan pengumuman kelulusan dapat mengunjungi Website di https://baitulmal.acehprov.go.id/ dan akun media sosial resmi Baitul Mal Aceh.

Rubrik:News, Umum