Breaking News

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPMG

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas KPMG(Salman/ACEHPORTAL.com)
BKAD Kecamatan Blangpidie, Abdya menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas KPMG Se Kecamatan Blangpidie yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Senin (1/11/2021).

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong (KPMG) yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Senin (1/11/2021).

Ketua BKAD Kecamatan Blangpidie, Muslim Saputra mengatakan, kegiatan pelatihan diikuti oleh 40 peserta dari unsur KPMG-Pemberdayaan dan KPMG-Teknik dari 20 desa di Kecamatan Blangpidie.

"Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat Gampong dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi KPMG di gampong, baik di bidang teknik maupun bidang pemberdayaan," jelas Muslim disampingi Sekretarisnya, Desmarizal.

Tambah Muslim, salah satu peran KPMG yang strategis di desa meliputi memfasilitasi proses perencanaan pembangunan di desa. 

Sementara, pada tahap pelaksanaan KPMG juga dapat dimanfaatkan oleh PPKG masing-masing gampong dalam proses pelaksanaan kegiatan, seperti pelatihan yang dilaksanakan di tingkat gampong, pembangunan sapras dan non sapras.

"Harapan kita kedepan diharapkan KPMG dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai Permendes Nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa," ujarnya.

Amatan ACEHPORTAL.com, Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Camat Blangpidie, Krisnur SP. Turut hadir Kabid PMG DPMP4 Abdya, Arief Zulfahmi, Korkab TPP Abdya Teuku Jasman, TAPM A. Rachim Syahputra dan TA ID Sri Kurniati. Masing-masing mereka bertindak sebagai pemateri.

Disamping itu, juga hadir seluruh Pendamping Desa (PD), PLD dan pengurus BKAD Kecamatan Blangpidie, Abdya.

Kegiatan berlangsung dengan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19, para peserta dan lainnya memakai masker dan menjaga jarak.

Editor:
Rubrik:Daerah