Breaking News

Bimtek Berlangsung di Medan, Surat Tim Gugus Covid-19 Beredar di Aceh Singkil

Bimtek Berlangsung di Medan, Surat Tim Gugus Covid-19 Beredar di Aceh Singkil
Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 Kabupaten Aceh Singkil, Muhammad Raja Maringin, A.Mk. (Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Se- Aceh Singkil dilaksanakan Medan Sumatera Utara (Sumut) tepatnya berlangsung di Hotel Sartika Premiere Dyandra Medan mulai Minggu (4/4/2021) kemarin.

Pantauan ACEHPORTAL.com di salah satu media di Aceh Singkil Bimtek tersebut dibuka oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Singkil, Muhammad Husaini, turut hadir Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil, Fairuz Akhyar, Kepala Dinas Permusyawatan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Aceh Singkil Azwir dan para Aparatur Desa.

Sementara terkait Bimtek Aparatur Desa tersebut sebelumnya, menuai kritikan dari beberapa unsur di Aceh Singkil, mereka tidak melarang Aparatur Desa laksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa yang disebut Bimtek, namun tempatnya kurang di sepakati, mereka menginginkan Bimtek tersebut diadakan di Aceh Singkil, agar perekonomian masyarakat berputar didaerah, bahkan sebagian menyampaikan diadakan di Medan kurang releven mengingat status Covid-19 dalam situasi di perangi, sehingga terkait bimtek yang akan dilaksanakan berpolemik.

Sehingga Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, saat dikonfirmasi ACEHPORTAL.com mengatakan Bimtek diitunda berhubung berpolemik.

Namun, surat Lembaga Study dan Kajian Pemerintahan Daerah Dharma Andalas Training Centre (LSKPD-DATC) dengan Nomor : 012/SP/LSKPD-DATC/III/2020 terkait Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa. Beredar di WhasaApp dan Media Sosial di Aceh Singkil, membuat kembali heboh, akhirnya pelaksanaan bimtek belangsung.

Belangsungnya bimtek tersebut, warga net kembali heboh dengan adanya suratan edaran Tim Gugus Covid-19 dengan nomor 12 tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi covid-19, dan maksud surat edaran tersebut adalah untuk memperpanjang masa berlaku, penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan orang didalam negeri.

Warga net hawatir Aceh Singkil kembali menjadi zona merah, pasalnya di medan lagi memerangi Covid-19, terbukti dikutip dari salah satu media di Medan, bahwa Gubernur Sumatera Utara Edi Rahmayadi Minta Satgas Covid Bubarkan KLB dalam acara Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat Kubu Moeldoko.

Bahkan dikutip dari akun Facebook Agus Mulyadi berisi, *_Semakin seru aja infonya menurut intelijen disana panitia ditemui oleh Tim Gugus Covid19 Pemkot Medan, dan Polsek Medan Petisah, Panitia Supaya besok jam 9 pagi, di kumpulkan KTP foto copy peserta dan beserta menunjukkan surat swabnya dan atau ANTIGEN besok wajib sudah ada dan tim gugus akan menjemputnya," kutipan Akun Agus Mulyadi_*

*Penjelasan Tim Gugus Covid-19 Aceh Singkil

Sementara itu, terkait protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan orang, saat dikonfirmasi Tim Gugus Covid-19 Aceh Singkil, disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Covid-19 Aceh Singkil, Muhammad Raja Maringin, A.Mk Kepada ACEHPORTAL.com mengungkapkan, imbauan secara khusus belum ada, tapi kalau untuk traveler melengkapi surat supaya tidak terjadi yang namanya kendala dalam perjalanan sebaiknya dipatuhi.

"Karena kita memasuki daerah lain, daerah lain artinya apakah mungkin memang secara zonasi, seperti Medan Sumut masih dia zonasi hitam, merah, atau kuning atau zona hijau Itu dia,," pesan Maringin, Selasa (6/4/2021).

Saat disinggung terkait perjalanan orang selama ini kelaur daerah, Maringin menyampaikan, hanya imbauan secara regulasi peraturan belum atau belum berjalan. 

"Tapi bagi pelaku traveler, artinya perjalanan silakan supaya tidak terhambat perjalanannya. Silakan melengkapi sarat-sarat, misalkan surat bebas covid dengan antigen, yang cepat, boleh Silakan surat PCR, bebas Covid-19 boleh tidak masalah, selagi itu masih dibutuhkan oleh daerah tujuan daripada pelaku traveler ini," pungkas Maringin

Editor:
Rubrik:Daerah
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI