BI Aceh Berikan Apresiasi ke Keluarga Pahlawan Nasional Tjut Nyak Meutia

BI Aceh Berikan Apresiasi ke Keluarga Pahlawan Nasional Tjut Nyak Meutia
BI Aceh Berikan Apresiasi ke Keluarga Pahlawan Nasional Tjut Nyak Meutia. (Ist)

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Bank Indonesia Aceh berkunjung ke rumah Teungku Adriansyah yang merupakan cicit dari pahlawan nasional Aceh yakni Tjoet Nyak Meutia atau yang lebih dikenal dengan Cut Meutia.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bank Indonesia Aceh, Achris Sarwani memberikan penghargaan serta apresiasi kepada keluarga Cut Meutia yang gambarnya tercantum dalam Uang Kertas (UK) pecahan Rp1.000,-.

Hal tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Indonesia yang ke-68 dan HUT RI yang ke-76, sebagai bagian dari Pilar Peduli-Bank Indonesia dalam menjunjung tinggi jasa-jasa para pahlawan.

Apresiasi yang diberikan Bank Indonesia berupa spesimen UK Rp1.000,- emisi 2016 berprofil depan Pahlawan Nasional Cut Meutia dengan ukuran besar, Plakat UPK75, Uncut Banknotes serta beberapa suvenir lainnya.

“Penghargaan ini merupakan sebagai bentuk apresiasi BI kepada para pahlawan Nasional yang telah berjuang dalam memperjuangkan kemerdekaan RI serta sebagai pengingat jasa-jasa para pahlawan bagi generasi muda saat ini” kata Achris Sarwani.

Untuk diketahui, Cut Meutia lahir di Keuratoe, Pirak Timur, Aceh Utara pada 15 Februari 1870 dan wafat di Alue Kurieng, Aceh pada 24 Oktober 1910 di umur 40 tahun.

Pada satu pertempuran dengan Korps Marechausee di Paya Cicem, Cut Meutia dan para wanita melarikan diri ke dalam hutan untuk terus melakukan perlawanan bersama pasukannya.

Ia menyerang pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo, namun dalam pertempuran tersebut Cut Meutia gugur oleh Korps Marechausee.

Teungku Adriansyah dalam kesempatan tersebut mengakui sangat bangga dan bersyukur atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh Bank Indonesia yang telah mencantumkan gambar Cut Meutia pada UK Rp1.000,- emisi 2016 tersebut. 

“Kami mewakili keluarga besar Nektu Cut Meutia menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas penghargaan dan apresiasi dari Bank Indonesia kepada kami, semoga kita selalu dapat mengingat jasa para pahlawan nasional” ujar Teungku Adriansyah.

Editor:
Rubrik:Ekonomi, Umum