Breaking News

Bekerjasama Dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, UPP Syahbandar Tapaktuan Laksanakan Program Vaksinasi

Bekerjasama Dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan, UPP Syahbandar Tapaktuan Laksanakan Program VaksinasiSafdar/ACEHPORTAL.com
Pelaksanaan vaksinasi di UPP Syahbandar Tapaktuan, Kamis (15/7/2021).

TAPAKTUAN, ACEHPORTAL.com - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III atau Syahbandar Tapaktuan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Banda Aceh menggelar vaksinasi kepada tenaga kerja bongkar muat dermaga, petugas UPP dan masyarakat, di halaman UPP Syahbandar Tapaktuan, Kamis (15/7/2021).

Kepala Syahbandar Tapaktuan, Jaruslim mengatakan, sesuai Instruksi Menteri Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut dimana program vaksinasi harus di berikan kepada seluruh ASN, honorer dan stakeholder yang terkait di pelabuhan.

"Hari ini merupakan vaksin dosis pertama kita, ini dilaksanakan dengan bekerjasama dengan kantor kesehatan pelabuhan kelas III Banda Aceh," ucapnya.

Dalam melaksanakan program ini, Syahbandar Tapaktuan juga menyurati pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan akhirnya direspon dan dapat dilaksanakan dengan baik.

"Kami sangat berterima kasih atas respon KKP, alhamdulilah ini berjalan dengan baik dan animo masyarakat juga sangat tinggi," ucapnya.

Jaruslim menambahkan, sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya terlebih dahulu mensosialisasikan kepada peserta tentang program vaksinasi Covid-19 serta fungsinya. Hal itu dilakukan agar dapat menjawab keresahan masyarakat dengan adanya informasi-informasi bohong terkait vaksin.

"Karena selama ini banyak sekali informasi hoaks inilah yang kita luruskan sehingga masyarakat dan pengguna jasa paham kalau ini (vaksinasi) adalah untuk kebaikan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas Iii Banda Aceh, Ziad Batubara mengatakan, ada sekitar 60 orang yang akan dilakukan vaksin dengan sasaran para pekerja di pelabuhan lintas sektor, tenaga kerja bongkar muat dan ABK dan kru kapal.

"Tidak tertutup kemungkinan masyarakat juga kita berikan dalam rangka percepatan proses vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat," ucapnya.

Salah seorang mahasiswa Universitas Teuku Umar, Reval (20) mengatakan, dirinya tertarik mengikuti program vaksinasi tersebut agar terbentuk daya tahan tubuh dan terhindar dari penularan Covid-19.

"Saya mengikuti vaksin ini dengan kesadaran sendiri, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vaksin ini aman dan halal," ucapnya.

Terlihat sejumlah tenaga kerja bongkar muat di pelabuhan, petugas pelabuhan, mahasiswa dan staf Poltekkes Aceh Selatan, para pemuda dan mahasiswa lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan melaksanakan vaksinasi tersebut.

Diketahui, sebanyak 90 orang peserta dapat diberikan vaksin dalam kegiatan tersebut.

Editor:
Rubrik:Kesehatan