Breaking News

Banjir Luapan Terjadi di Blang Bintang Aceh Besar

Banjir Luapan Terjadi di Blang Bintang Aceh Besar

Jantho, Acehportal.com - Akibatnya curah hujan tinggi sejak beberapa hari kemarin, banjir luapan terjadi di kawasan Gampong Emping Batee dan Cot Leuot, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar, Kamis (14/1/2021).

Petugas Pusdalops BPBD Aceh Besar, Iqbal mengatakan, banjir luapan di Krueng Lingkaran ini merendam kedua gampong tersebut.

"Ketinggian air mulai 30 hingga 60 sentimeter yang menggenangi rumah warga yang berada di bantaran sungai tersebut," ujarnya.

Dari peristiwa ini, sebanyak sebelas Kepala Keluarga (KK) dari kedua gampong tersebut terdampak. Petugas BPBD Aceh Besar yang mengetahui hal ini langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penanganan.

"Kondisi itu tidak terlepas dari tumpukan sampah dan material sisa pohon kayu yang membentang di bawah jembatan serta kondisi sungai yang dangkal sehingga tidak sanggup menampung debit air yang banyak," jelasnya.

Saat ini, pihak BPBD telah berkoordinasi dengan salah seorang anggota DPRK Aceh Besar untuk mendatangkan alat berat beko (ekskavator) guna membersihkan dahan kayu dan sampah yang telah menumpuk di bawah jembatan agar air dapat mengalir dengan lancar kembali.

"Debit air sudah surut dan warga yang rumah nya tergenang banjir juga sudah mulai membersihkan rumahnya kembali. Sampah dan material kayu pun sudah dibersihkan sehingga aliran air di sungai pun sudah lancar," tambahnya.

Rubrik:Daerah, Peristiwa