Breaking News

Banjir di Lhoong Aceh Besar, Seorang Nenek Hilang Terseret Arus

Banjir di Lhoong Aceh Besar, Seorang Nenek Hilang Terseret Arus

JANTHO, ACEHPORTAL.com - Banjir luapan terjadi di Gampong Pudeng dan Gampong Pasie, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Sabtu (27/3/2021). Dalam peristiwa ini, seorang nenek diketahui hilang terseret arus.

Korban yang hilang diketahui bernama Nurma (65), warga asal Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh. Hingga kini korban pun masih dinyatakan hilang dan belum ditemukan serta masih dalam pencarian tim gabungan.

Kepala BPBD Aceh Besar, Farhan AP melalui Petugas Pusdalops, Iqbal mengatakan, banjir ini disebabkan karena intensitas dan curah hujan tinggi yang melanda sebagaian besar wilayah Kecamatan Lhoong.

Iqbal mengungkapkan, hujan mulai mengguyur sejak pukul 14.03 WIB sampai saat ini telah mengakibatkan terjadinya banjir luapan sungai pudeng yang mana kondisi sungai tak sanggup menampung debit air yang tinggi sehingga terjadi banjir luapan.

"Banjir menggenangi badan jalan menuju ke desa serta rumah warga juga sempat digenangi air dengan ketinggian lebih kurang 10 hingga 50 sentimeter," ujarnya.

Iqbal menjelaskan, sementara korban Nurma diketahui terseret arus Krueng Pudeng. Kejadian ini baru diketahui warga berkat laporan dari keluarga korban yang selamat.

"Menurut keterangan singkat keluarga korban saat kejadian korban bersama kedua keluarganya baru pulang dari kebun dengan cara menyeberangi sungai tersebut dan tiba-tiba korban seketika langsung dibawa oleh derasnya arus sungai," jelas Iqbal.

Banjir yang melanda Gampong Pudeng dan Pasie juga menggenangi lahan persawahan warga dan lahan pertanian. Hingga saat ini, kondisi debit air sudah mulai surut secara perlahan dan intensitas hujan pun mulai menurun.

"Namun, masyarakat diminta untuk tetap waspada mengantisipasi apabila kondisi cuaca dan hujan terus terjadi," katanya.

Selain itu, hingga kini di lokasi kejadian belum ada pengusian warga dan sebagian warga yang rumahnya sempat digenangi banjir. Warga juga sudah mulai membersihkan rumahnya masing-masing seiring kondisi air yang sudah mulai surut.

Sementara itu, Kakansar Banda Aceh, Budiono mengungkapkan, hingga kini pihaknya bersama tim lain masih mencari korban.

"Masih dalam pencarian, di lokasi pun sedang hujan dengan kondisi air sungai deras dan keruh," kata Kakansar.

Rubrik:Daerah, Peristiwa
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI