Breaking News

Banda Aceh Mulai Seleksi Kafilah MTQ

Banda Aceh Mulai Seleksi Kafilah MTQ
Banda Aceh Mulai Seleksi Kafilah MTQ

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com – Dalam rangka persiapan menuju MTQ tingkat Provinsi ke 35 di Bener Meriah November nanti, Dinas Syariat Islam Kota Banda Aceh mulai melakukan seleksi kafilah.

Seleksi diikuti sebanyak 475 peserta dari 27 Maret hingga 8 April 2021. 

Panitia akan memilih 56 orang dari 475 peserta tersebut.

Koordinator Seleksi Calon Kafilah MTQ Banda Aceh, Elpijar SAg MAg mengatakan, seleksi itu dilakukan untuk mengikuti MTQ ke 35 tingkat Provinsi Aceh yang digelar di Kabupaten Bener Meriah pada tahun 2021.

“Tahun ini peserta yang mengikuti seleksi terbanyak sepanjang sejarah dilaksanakan seleksi kafilah MTQ Banda Aceh. Dulu kita hanya menyelesksi 157 orang saja,” kata Elpijar kepada Serambi, Kamis (8/4/2021).

Adapun ketujuh cabang yang diperlombakan pada MTQ di Bener Meriah yaitu tilawah, syarhil, fahmil, tafsir, tahfiz, KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Quran), dan khattil quran. 

Elpijar menyatakan seleksi itu dilakukan menggantikan MTQ ke 36 tingkat Banda Aceh yang seharusnya dilaksanakan di Kecamatan Baiturahman, tepatnya di Taman Bustanul Salatin.

“Karena Covid-19, maka pelaksanaan MTQ ke 36 tingkat Kota Banda Aceh yang sedianya dilaksanakan di Kecamatan Baiturrahman ditiadakan dan seleksi ini sebagai gantinya,” ujar Elpijar.

Proses penjaringan calon kafilah dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Banda Aceh, Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafizh-Hafizhah (Ipqah) Banda Aceh, dan akademisi UIN Ar Raniry.

Iklan idul fitri gub