Babinsa Posramil Suka Makmue Laksanakan Pendampingan panen Padi dengan gunakan Alat Modern (Combine Harvester)

Babinsa Posramil Suka Makmue Laksanakan Pendampingan panen Padi dengan gunakan Alat Modern (Combine Harvester)
Babinsa Posramil Suka Makmue Laksanakan Pendampingan panen Padi dengan gunakan Alat Modern (Combine Harvester)

NAGAN RAYA,ACEHPORTAL.com - Tingkatkan swasembada pangan melalui pendampingan panen padi, Babinsa Posramil Suka Makmue Kodim 0116/Nagan Raya Sertu Edi Sugianto dan Koptu Dadang Sudrajat  melaksanakan pendampingan panen padi menggunakan alat modern mesin pemanen padi (Combine Harvester) bertempat di Desa Meurebo, Kecamatan Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Jum’at (05/11/2021).

“Hal ini dikatakan oleh Danposramil Suka Makmue Kegiatan pendampingan ini merupakan bentuk monitoring bidang pertanian sebagai salah satu langkah untuk mensukseskan program Pemerintah dalam rangka mewujudkan swasembada pangan,” jelas Danposramil.

“Dengan memberikan pendampingan ke warga yang sedang memanen padi, Babinsa sudah melaksanakan tugas kewilayahan yang di perintahkan oleh Komando Atas.

“Bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi,” lanjutnya.

Babinsa Serda Edi Sugianto dan Koptu Dadang Sudrajat menyampaikan, Pendampingan panen padi dengan luas sawah 3 Ha dengan hasil panen rata-rata 4-5 Ton/Ha dan alat yang di gunakan untuk memanen ialah Mesin panen Brigade Handpangan yang di operasikan oleh poktan.

“Panen padi di areal pertanian ini dengan menggunakan mesin modern alat pemanen padi dengan harapan menggunakan alat ini akan efisien dan menghemat pengeluaran bagi petani dalam proses panennya sehingga diharapkan petani semakin sukses.

“Selain itu juga bisa meminimalkan bulir padi yang terbuang sia-sia karena padi langsung masuk ke kantong yang telah ditempatkan pada mesin panen,” pungkasnya.

Sementara itu, Kelompok Tani, Jamaludin mengaku senang dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang terjun langsung membantu para petani dan memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa yang langsung turun ke sawah telah menumbuhkan semangat dalam bertani dan terbukti hasilnya ada peningkatan dalam produktifitas hasil panennya,” ucap Jamaludin.

Rubrik:Kodam IM