Breaking News

Babinsa Kodim 0110/Abdya Apresiasi Petani yang Aktif Memanfaatkan Lahan Kosong

Babinsa Kodim 0110/Abdya Apresiasi Petani yang Aktif Memanfaatkan Lahan Kosong

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Peran aktif Babinsa Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) dalam mewujudkan ketahanan pangan dan hubungan yang harmonis dengan masyarakat binaan hingga kini terus dilakukan, sebab Babinsa merupakan mitra kerja dari masyarakat binaannya.

Guna terwujudnya hal tersebut Babinsa Kodim 0110/Abdya yang bertugas di Koramil 01/Blangpidie, Koptu Handriko menyambangi kebun Cabe milik petani, yaitu Samsul (57) yang berlokasi di Gampong Lhung Tarok, Kecamatan Blangpidie, Sabtu (27/3/2021).

Melalui kegiatan pendampingan tersebut Babinsa Koptu Handriko dan petani mengecek perkembangan tanaman cabe yang sudah berumur 45 hari setelah masa tanam.

Koptu Handriko mengatakan, ditengah pandemi Covid-19 saat ini roda perekonomian masyarakat lumpuh, sehingga tidak sedikit masyarakat kehilangan pendapatan akibat dampak dari penyebaran virus tersebut.

Menyikapi hal itu, Handriko pun memberikan semangat kepada masyarakat petani agar tidak menyerah dan pasrah dengan keadaan sekarang.

"Semestinya dengan kondisi pandemi Covid-19 ini kita harus terus berusaha dan bekerja sehingga kebutuhan sehari-hari kita dapat terpenuhi," ujarnya.

Kesempatan pada pendampingan itu, Koptu Handriko juga menyampaikan sebagai seorang Babinsa dirinya akan selalu berada ditengah-tengah masyarakat khususnya petani. Karena, menurutnya tugas pendampingan merupakan suatu keharusan yang wajib dilakukan oleh seorang Babinsa.

"Seperti yang saya lakukan saat ini menyambangi petani yang tengah melakukan aktivitas dilahan pertaniannya," imbuhnya.

Koptu Handriko memberikan apresiasi kepada Bapak Samsul yang memanfaatkan lahan kosong untuk digunakan menjadi lahan produktif dengan menanam tanaman sayur-sayuran.

"Saya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan pak Samsul ini, sehingga dengan ia bercocok tanam sayur-sayuran, nanti hasilnya pun dapat dijual dipasar dan membantu pendapatannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkap Handriko.

Ia menyatakan pemerintah telah melakukan berbagai upaya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan berbagai jenis bantuan sosial. Meskipun demikian, kata Handriko kita jangan hanya bergantung pada bantuan tersebut sehingga pada akhirnya malas untuk bekerja.

"Saya berharap usaha dan upaya yang dilakukan pak Samsul ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lain dengan memanfaatkan lahan tidur manjadi lahan produktif," harapnya.

Disamping itu, Koptu Handriko juga mengajak seluruh masyarakat agar sama-sama berdo'a semoga pandemi Covid-19 di Indonesia cepat berakhir, dan dengan demikian masyarakat dapat menjalani aktivitasnya dengan normal kembali.

Rubrik:Daerah, Kodam IM, Umum
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI