Breaking News

Antisipasi Kemacetan Pihak PCI Buka Jalur Pulang Bagi Pengunjung Wisata

Antisipasi Kemacetan Pihak PCI Buka Jalur Pulang Bagi Pengunjung Wisata(Zulkarnain/ACEHPORTAL.com)
Lokasi PCI Gosong Telaga saat pengunjung melewati pos retribusi.

SINGKIL, ACEHPORTAL.com - Kemacetan pengunjung untuk berwisata Ke Pantai Cemara Indah (PCI) selama ini menjadi perhatian serius bagi pengelola PCI Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil.

Pasalnya, pengunjung wisata di hari besar seperti hari lebaran, tahun baru dan lainnya itu sangat padat untuk memadati PCI. Mengingat jalur masuk dan keluar hanya satu jalur, sering terpantau menimbulkan kemacetan sampai dua kilometer sehingga menimbulkan emosi para pengunjung.

Bahkan, sebagian pecinta wisata PCI itu enggan untuk menikmati indahnya PCI, sebab khawatir adanya kemacetan yang padat di saat berada menuju lokasi PCI tersebut.

Untuk mengantisipasi, pihak pengelola pantai akhirnya mempunyai ide membuat jalan pulang supaya pengunjung, baik itu pulang maupun masuk ke PCI tidak ada kendala lagi serta tak menimbulkan kemacetan.

Diketahui, pengunjung PCI itu jika hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri pengunjung berkisaran lebih kurang lima ribuan orang. Namun, saat ini sudah agak berkurang berhubung adanya status pandemi Covid-19.

Saat ini jalur pulang sudah dibuka, sekitar lebih kurang 100 meter dari pos retribusi sebelah kiri mau pulang. 

Pembukaan jalur pulang ini juga sebaliknya ada manfaat bagi para pecinta wisata berhubung bisa sekaligus menikmati indahnya destinasi wisata mangrove yang dikelola oleh BUMDes Gosong Telaga Selatan dan Mangrove Pulau Tabek yang dikelola kelompok Pemuda Gosong Telaga Selatan.

Sebab, destinasi wisata mangrove ini sudah pernah mendapatkan perhatian dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, karena wisata ini menarik perhatian pecinta wisata dan keindahannya juga menyajikan hutan bakau, air tawar.

Saat pengunjung bosan di laut, para pengunjung bisa ke mangrove ini, sebab jalan satu-satunya masuk juga melalui jalur PCI.

Dikonfirmasi, Pengelola PCI Gosong Telaga, Nizamudin mengatakan, setelah adanya pembukaan jalan yang dilakukan oleh pengelola, saat ini Pemkab Aceh Singkil meningkatkan status jalan tersebut.

"Mudah-mudahan kedepannya para pengunjung wisata tidak lagi mengeluh dengan kemacatan, sebab kita sudah ada jalur pulang, tak lagi menggunakan jalur utama yaitu jalur masuk, dan ini mungkin pecinta wisata belum tau nanti pihak kami akan mengarahkan," sebut Nizam, Sabtu (4/9/2021).

Nizam juga menyampaikan, dulu sempat sekitaran PCI yaitu tepatnya sebelah kanan ujung PCI para pedagang mengeluh.

"Mereka mengeluh dengan adanya abrasi yang membuat jalan menuju pondok mereka itu tertimbun, sehingga tidak bisa dilewati para pengunjung wisata kita. Alhamdulillah saat ini sudah kita atasi dengan membuat jalan baru untuk menuju pondok mereka," pungkasnya.

Sementara diketahui, PCI Gosong Telaga menjadi tujuan bagi pencinta wisata diantaranya dari Pemko Subulussalam, Aceh, Pemkab Pakpak Bharat, Sumatera Utara dan lainnya.