Breaking News

Anggota Komisi I DPRA Apresiasi Langkah Penegak Hukum Tangani Kapal Pesiar Masuk Aceh

Anggota Komisi I DPRA Apresiasi Langkah Penegak Hukum Tangani Kapal Pesiar Masuk Aceh
Anggota DPR Aceh dari Fraksi PKS Bardan Sahidi

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Anggota Komisi I DPR Aceh Bardan Sahidi mengapresiasi langkah aparat penegak hukum yang telah mengamankan kapal asal Rusia yang masuk perairan Aceh tanpa izin.

“Kita mengapresiasi langkah aparat penegak hukum yang telah mengamankan kapal asing tersebut. Ini harus diungkap apa motif kapal asing itu bisa masuk ke wilayah Indonesia khususnya Aceh, ini harus dijelaskan, jangan-jangan ada misi pemetaan,” kata anggota DPR Aceh dari Fraksi PKS yang membidangi politik, hukum, pemerintahan dan keamanan itu.

Bardan Sahidi mengatakan, masuknya kapal asing ke wilayah perairan Aceh patut diduga ada misi terselubung. Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada aparat untuk mengungkap motif mengapa kapal tersebut bisa masuk ke wilayah perairan Indonesia secara ilegal.

Kapal pesiar berbendera Rusia itu mengangkut 18 crew yang berasal dari sejumlah negara, di antaranya dari Inggris, Belarusia, Kanada, Belanda, Filipina, dan Spanyol.

Sebelumnya, Tim gabungan Polda Aceh dari Subdit Gakkum Ditpolairud dan Intelkam bekerja sama dengan tim gabungan dari TNI AL, Bea Cukai, Imigrasi, Personel Kodim Banda Aceh, Dinas Karantina Kesehatan dan Badan Intelijen Negara melakukan pengecekan kapal asing  La Datcha George Town milik Rusia yang berada di perairan Aceh Besar, Senin ( 8/2/2021).

Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M phil,  terkait dengan pengecekan kapal asing ini melalui Dirpolairud Polda Aceh Kombes Pol. Hadi Purnomo, S. H., M. H, dan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, S. H., S. I. K., M.Si, dalam siaran persnya mengatakan, kapal yang berada di perairan Aceh Besar itu membawa penumpang sebanyak 18 crew dari Maladewa menuju Singapura.

Kapal Milik Perusahaan Kapal Damen Shipyards, Tipe Kapal Commercial Vessel

Sementara  identitas kapal asin itu merupakan dari Perusahaan Kapal Damen Shipyards, Tipe Kapal Commercial Vessel, Nomor pembuatan: 144 IN 2020 George Town, Nomor Seri Kapal: 749575, Panjang: 76.98, Tinggi: 14.00, dan Lebar: 6.55.

Rubrik:DPRA
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI