Aceh Siap Gelar Even Bergengsi Tour de Sabang 2021

Aceh Siap Gelar Even Bergengsi Tour de Sabang 2021(ACEHPORTAL.com)
Konferensi pers terkait kesiapa even sepeda internasional Tour de Sabang di salah satu kafe di Banda Aceh, Senin (22/11/2021) malam.

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh akan melaksanakan even Tour de Sabang 2021 pada tanggal 26 hingga 28 November 2021 mendatang.

Para peserta dapat mendaftarkan dirinya pada even bergengsi yang dipusatkan di Kota Sabang tersebut nanti secara gratis.

Kadispora Aceh, Dedy Yuswadi melalui Kabid P3O, Teuku Bustamam mengungkapkan, pendaftaran gratis ini berlaku bagi peserta yang berasal dari Aceh maupun luar Aceh.

"Dari awal rencana tidak ada pungutan biaya pendaftaran, pendaftarannya gratis," tegasnya saat konferensi pers di salah satu kafe di Banda Aceh, Senin (22/11/2021) malam.

Dijelaskan, Pemerintah Aceh akan mengakomodir semua kebutuhan even itu sesuai ketersediaan dana yang telah disesuaikan peruntukannya pada DPA-SKPA Dispora Aceh Tahun 2021.

"Peserta luar daerah yang ingin mendaftar online juga dengan gratis. Tour de Sabang program Pemerintah Aceh dalam rangka pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, khususnya balap sepeda yang merupakan impian dan urai kerja Pengprov Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh," jelasnya.

Menurut dia, peningkatan prestasi cabor balap sepeda ini sebagai bagian dari upaya pembenahan Aceh dalam rangka persiapan tuan rumah PON XXI Tahun 2024 mendatang.

"Sekarang kita sedang fokus dan mulai dari cabor balap sepeda," kata Teuku Bustamam.

Sementara itu, Perwakilan Event Organizer (EO) Tour de Sabang 2021, Muhammad Nagib mengungkapkan, terkait mekanisme penyelenggaraan kegiatan pihaknya telah memulai pendaftaran terbuka dan dapat diakses melalui situs www.tourdesabang.com.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan unsur terkait lainnya, termasuk pengamanan dan sebagainya, hingga dipastikan kesiapan even Tour de Sabang tersebut telah mencapai 90 persen.

"Peserta yang telah mendaftar hingga kini berjumlah 365 orang, terdiri dari 160 orang peserta sepeda gunung (Mountain Bike/MTB) dan 205 orang sepeda balap (Road Bike) yang terdaftar di UCI Granfrondo," paparnya.

Sebelumnya, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah bersama Kadispora, Dedy Yuswadi telah menerima kunjungan rombongan ISSI Aceh di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh pada 6   September lalu.

Dalam kunjungan tersebut, ISSI Aceh berkoordinasi terkait penyelenggaraan even sepeda internasional bertajuk Tour de Sabang yang akan digelar pada bulan November.

"Kita tentunya mendukung penuh. Tour de Gayo yang dibuat swasta kita dukung ini lebih-lebih kita dukung pastinya. Karena ini resmi gelaran yang dibuat pemerintah," kata Nova.

Nova menuturkan, jika Tour de Sabang adalah gelaran sport tourism yang nantinya akan meningkatkan serta mendongkrak perekonomian, khusunya masyarakat.

Sementara, Ketua ISSI Aceh, Darwati A Gani mengatakan, pihaknya datang untuk mendengar kejelasan tentang even sepeda internasional Tour de Sabang yang tertunda karena pandemi COVID-19.

"Semua direncanakan September, karena pandemi ditunda November 2021. Selama ini, masyarakat sering mendengar Tour bde Singkarak atau Tour de France sebagai even sepeda yang muncul dalam kalender internasional," ungkapnya.

"Jika Tour de Sabang terlaksana dengan baik tentu akan menjadi kebanggaan bagi Aceh," tambah Darwati A Gani.

Editor:
Rubrik:Olahraga