Breaking News

60 Relawan Pokja Ikuti Bimtek SDGs Desa Se Kecamatan Blangpidie

60 Relawan Pokja Ikuti Bimtek SDGs Desa Se Kecamatan Blangpidie
Sebanyak 60 orang Relawan Pokja mengikuti Bimtek SDGs Desa Se Kecamatan Blangpidie yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda, Abdya, Kamis (6/5/2021). (Salman/ACEHPORTAL.com)

BLANGPIDIE, ACEHPORTAL.com - Sebanyak 60 orang relawan Pokja mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Se Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya). Kegiatan berlangsung di Aula Bappeda kabupaten setempat, Kamis (6/5/2021).

TA PM TPP P3MD Abdya, Ir. A Rachim Syahputra menyatakan, telah memberikan bimtek kepada relawan pokja pendataan SDGs desa yang diikuti oleh 20 Gampong di Kecamatan Blangpidie. 

"Bimtek ini diikuti oleh 60 relawan pokja di Blangpidie. Masing-masing gampong mendelegasikan 3 orang relawannya yang terdiri dari satu orang Admin dan dua Enumerator," sebut Rachim usai Bimtek.

Dia menjelaskan, nantinya 60 relawan pokja ini akan melakukan pendataan SDGs di desa atau gampongnya masing-masing. Yakni, dengan mendata atau mensurvey empat responden yang meliputi suvey desa, rukun tetangga (RT), kepala keluarga, dan anggota rumah tangga.

Tujuan dilakukannya pendataan ini, kata Rachim, sesuai amanat Permendes Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2021.  

Permendes menegaskan bahwa dana desa tahun anggaran 2021 diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa yang mengukur seluruh aspek pembangunan, sehingga mampu mewujudkan perkembangan manusia seutuhnya. Tujuannya, meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bahwa dalam pembangunan desa itu memiliki empat tahapan diantaranya, pendataan desa, perencanaan, pembangunan, dan pertanggungjawaban," terangnya.

Sedangkan di tahap pendataan ini dibentuk Pokja Relawan Pendataan Desa dengan tujuan melakukan pendataan atau survey.

Diharapkan, kata Rachim, pendataan yang valid ini bisa menjadi data dasar bagi gampong dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Gampong (RKPG) tahun 2022.

"Sesuai dengan 18 indikator SDGs desa. Untuk waktu pendataan ini maksimal 31 Mei sudah harus dikirim ke Kemendes. Namun, kami menargetkan kepada gampong untuk melakukan pendataan ini maksimal bisa selesai sebelum deadline yang ditentukan," tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan bimtek pendataan SDGs desa ini diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Gampong (BKAG) Kecamatan Blangpidie, yang diketuai oleh Pj Keuchik Gampong Lhung Asan, Abdul Haris, S.IP.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Perwakilan dari DPMP4 Abdya, Desi Aswita, Tenaga Ahli (TA) TPP P3MD Abdya, masing-masing yakni Ir. A Rachim Syahputra, Fitriadi, SE, Sri Kurniati, ST dan Darmawan, serta Pendamping Desa (PDP, PDTI) dan PLD Kecamatan Blangpidie.

Editor:
Rubrik:Daerah, Umum