3 Kandungan Nutrisi Yogurt yang Bermanfaat bagi Pertumbuhan Anak

3 Kandungan Nutrisi Yogurt yang Bermanfaat bagi Pertumbuhan Anak
Ilustrasi Yogurt(Shutterstock)

ACEHPORTAL.com - Yogurt adalah alternatif pangan yang lebih baik bagi pertumbuhan tulang dan pemenuhan gizi untuk anak-anak di atas usia dua tahun daripada cemilan manis seperti permen atau biskuit. 

Ahli Nutrisi, Emilia Achmadi, MS RDN berkata bahwa kebanyakan anak-anak berhenti mengonsumsi susu, termasuk air susu ibu (ASI) eksklusif, di usia dua tahun. Hal ini membuat presentase kecukupan kalsium pada anak-anak menurun drastis setelah usia dua tahun. 

Tidak hanya itu, asupan vitamin D dan kalium juga termasuk rendah pada anak-anak berusia 2-11 tahun, dan kedua kandungan ini tersedia pada yogurt berkualitas. 

"Yogurt juga mengandung protein dan kalsium yang penting untuk kesehatan tulang, terutama tulang anak yang bertumbuh dengan cepat," kata Emilia melalui rilis Greenfields Kids Yogurt Pouch dan Kids Yogurt Drink, Kamis (1/4/2021). 

Saat ini, kata dia, mungkin banyak orangtua yang cemas akan kandungan gula yang terdapat dalam produk olahan susu seperti yogurt salah satunya. 

Namun, menurut studi yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal pada 2017 oleh Azais-Braesco V et al, yogurt hanya mengandung 1-8 persen gula alami dan 4-9 persen gula tambahan dan membuat yogurt ini aman dikonsumsi anak-anak. 

"Hal terbaik tentang yogurt adalah dengan mengonsumsi yogurt, anak-anak bisa menikmati camilan yang lezat dan tidak melewati batasan kalori harian mereka," jelasnya. 

"Selain itu, yogurt juga mengandung segudang nutrisi tak tertandingi yang mendukung pertumbuhan anak," imbuhnya. Baca juga: Yogurt Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19 Berikut kandungan nutrisi dalam yogurt beserta manfaatnya:

1. Probiotik 

Probiotik adalah bakteri baik untuk kesehatan usus yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mengeluarkan bakteri buruk dari tubuh anak. Probiotik ini berasal dari mikroorganisme yang hidup dan membantu untuk mencegah serta mengobati beberapa penyakit. 

Banyak sekali manfaat dari probiotik ini bagi tubuh manusia, termasuk anak-anak. Utamanya adalah menyeimbangkan ekosistem dan menjaga kesehatan pencernaan. Kesehatan dan ekosistem pencernaan ini menjadi sangat penting dalam masa tumbuh kembang anak-anak. 

Ahli Nutrisi dan Analisis Biochemical Dr Igor Tabrizian mengatakan, semua perilaku dan kinerja otak berawal dari  sistem saluran pencernaan, seperti diberitakan Kompas.com (26/8/2019). 

"Bisa dikatakan otak pertama manusia itu adalah saluran cerna," kata Igor. 

2. Kalsium 

Yogurt adalah produk yang terbuat dari bahan dasar susu yang difermentasi, sehingga nutrisi kalsium terkandung di dalamnya. Kandungan nutrisi kalsium sangat baik untuk anak-anak terutama bagi perkembangan tulang dan gigi anak. 

3. Serat pangan 

Kandungan berikutnya adalah serat pangan. Serta pangan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti berikut: 
- Mengoptimalkan pergerakan usus

Rubrik:Gaya Hidup
Sumber:Kompas.com
jmsi bank aceh
JMSI BPKA
JMSI