Breaking News

Bupati Akan Beri Teguran

20 Tahun Sejak Dibangun Rumdis Camat Baharu Tidak Pernah Dihuni

20 Tahun Sejak Dibangun Rumdis Camat Baharu Tidak Pernah Dihuni
Rumah dinas Camat Baharu Singkil tidak pernah dihuni

20 Tahun Sejak Dibangun Rumah Dinas Camat Baharu Tidak Pernah Dihuni

SINGKIL ACEHPORTAL.com - Sudah 20 Tahun Kota Baharu Menjadi Kecamatan, semenjak dibangun Rumah Dinas Camat Kecamatan Kota Baharu Aceh Singkil Aceh, sampai saat ini belum dihuni oleh Camat Kecamatan Kota Baharu. Sehingga persoalan ini menjadi sorotan masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Tokoh Masyarakat Kota Baharu Aceh Singkil, Hambalisyah Sinaga, saat dikonfirmasi ACEHPOTAL.com mengatakan, benar bahwa rumah dinas tersebut sampai saat ini belum pernah dihuni oleh Camat Kota Baharu.

"Pertama rumah dinas itu dibangun semenjak dulu, sampai saat ini tidak pernah ditempati, sudah tidak pernah ditempati, namun yang lucunya itu habis direhab atau direnovasi lagi, tapi nyatanya sampai hari ini tidak pernah ditempati," ujar Hambalisyah, Rabu (14/4/2021).

Ia juga menilai, persoalan itu juga bagian kendala, mengingat apalagi yang pernah disampaikan oleh Bupati Aceh Singkil, terkait status Camat yang tidak menempati rumah Dinas.

"Bagaimana status Camat apakah tinggal di tempat apa tidak. Pak Bupati sering sampaikan di pidato-pidato, pak camat yang tidak menempati atau tinggal di rumah dinas harus siap-siap untuk mengundurkan diri, maka buktikan karena Pak Camat Kota Baharu tidak pernah tinggal di tempat atau rumah dinas di Kota Baharu," tegasnya.

Ia mengatakan, justru menjadi masalah juga bagi mereka, karena sangat susah komunikasi dengan Camat nya.

"Jadi, ya susah juga, Pak Camat juga jauh dari Rimo ke sini mungkin becek, mungkin hujan, mungkin Banjir. Nah coba dia (camat) itu tetap tinggal di lokasi. Kan lebih enak kita menjalin komunikasi, komunikasi untuk pembangunan-pembangunan di Kecamatan Kota baharu seperti itu," harap Hambalisyah.

Namun, saat dikonfirmasi salah satu warga Kecamatan Kota Baharu, Rabudin menyampaikan, terkait degan rumah Dinas Camat Kecamatan Kota Baharu.

"Memang dari awal sampai sekarang belum pernah ditempati sampai sekarang alasannya tidak ditempati saya belum mengerti dan seingat saya dulu yang tinggal Camat di Kota Baharu Pak Ahmad, SH. Kemudian Pak Sopian, SH beliau ini dulu menyewa rumah," katanya.

Lanjut Rabudin, kemudian saat ini bertugas sebagai Camat di Kecamatan Kota Baharu adalah.

"Pak Ganda sekarang analisa saya bukan beliau tidak mau tinggal di rumah Dinas itu, tetapi sekarang keadaan rumah Dinas itu tidak layak huni," ujar Rabudin.

Hal senada juga disampaikan salah satu Mahasiswa dari Kota Baharu yang sedang kuliah di Universitas Teuku Umar (Utu) Meulaboh, Asmili menyampaikan, mengingat awal mulanya Kota Baharu masuk dalam wilayah Kecamatan Simpang kiri, namun berkat perjuangan tokoh-tokoh pada masa itu, lahir lah kecamatan baru bernama Kecamatan Kota Baharu sesuai dengan Perda Bupati Aceh Singkil tahun 2001 tanggal 14/4/2021.

"Kini genap usia kecamatan Kota Baharu berusia 20 Tahun, namun masih jauh ketinggalan dari kecamatan lain dalam wilayah Aceh Singkil terutama dibidang infrastruktur jalan, seperti jalan poros kecamatan yang masih sangat butuh perhatian  sepanjang ± 12 kilo meter belum di Aspal, kami berharap ini menjadi prioritas pembangunan oleh Pemerintah Aceh Singkil dibawah Kepemimpinan Pak Bupati Dulmusrid," ujar Asmili.

Lanjut Aslimi untuk Masalah tempat tinggal atau Rumah Dinas Camat Kota Baharu, sangat menyayangkan Perihal tersebut.

"Dikarenakan sudah mencapai 10 Tahun satu pun Pak Camat kami tidak pernah Menempati Rumah tersebut, walaupun sudah direhab, akan tetapi Para Camat tidak tertarik untuk tinggal disitu, padahal jika kita melihat arahan langsung dari Bapak Bupati, yang mengatakan bahwasanya "Seluruh Camat yang memimpin Kecamatan nya, wajib tinggal di Kecamatan tersebut," ujarnya sambil menirukan Penyampaian Bupati Aceh Singkil.

Ia sangat berharap, kepada para Camat yang sudah dan yang akan memimpin Kecamatan Kota Baharu mereka, untuk bisa tinggal di rumah yang telah disediakan.

"Agar kenapa, supaya Pak Camat bisa melihat langsung kondisi Warga, baik ekonomi nya, maupun Kesejahteraannya, dan supaya bisa diselaraskan dengan kebijakan-kebijakan dari Bupati Aceh Singkil, Selamat Hari Jadi ke 20 Tahun Kota Baharu. "SDM Meningkat Kecamatan Kota Baharu Maju," ungkapnya sambil mengucapkan Selamat.

*_Penjelasan Bupati Aceh Singkil_*

Terpisah, saat ACEHPORTAL.com menelepon Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid menyampaikan, bahwa Camat yang ditugaskan siap menempati rumah Dinas tersebut.

"Nanti kita akan tegur pak Camatnya, dan kita tanya dulu orang itu, kemarin katanya siap untuk menempati rumah Dinas," ujar Dulmusrid.

Lanjut Dulmusrid, nanti akan ia konfirmasi dulu dengan Camat dimaksud.

"Waktu kita tentukan Camat nya, katanya untuk menempati rumah dinas siap, karena itu pernyataan nya, sebab tidak sanggup untuk bolak balik kecuali hari besar, dan itu merupakan kesepakatan kemarin, walaupun seperti itu coba konfirmasi ke dia (Camat) karena sudah menjadi sorotan masyarakat, untuk minta pendapatnya," saran Dulmusrid.

Sementara itu, saat ACEHPORTAL.com menghubungi Camat Kecamatan Kota Baharu, sampai berita ini diturunkan tidak merespon.

Editor:
Rubrik:Daerah
Iklan idul fitri gub