Begini Tanggapan Plt Kadis Sosial Terkait Janda Miskin Tujuh Anak di Abdya

Plt Kadis Sosial, Liza Marfandi STP. (Ist)

Blangpidie, Acehportal.com - Plt Kepala Dinas (Kadis) Sosial Aceh Barat Daya (Abdya), Liza Marfandi STP menanggapi serius pemberitaan janda miskin tujuh anak yang menempati rumah tak layak huni di Gampong Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot, Abdya, Selasa (23/2/2021).

Liza menjelaskan, keluarga janda tujuh anak tersebut sebelumnya sudah pernah mendapatkan bantuan rumah dari pemerintah.

"Keluarga yang bersangkutan sudah pernah mendapatkan rumah bantuan di gampong Alue Jeurejak pada tahun 2015, berhubung pada saat itu almarhum suaminya sedang sakit parah dan mata pencaharian sehari-hari di bengkel tempat mereka tinggal sehingga mereka tidak mau pindah, dan rumah tersebut kemudian dialihkan kepada orang lain," urai Liza.

Ia menyebutkan keluarga yang bersangkutan juga baru dimasukkan kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) periode oktober 2020 oleh operator SIKNG gampong.

Karena baru dimasukkan ke DTKS, tambahnya keluarga itu pun baru masuk kedalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) periode April 2020 dan sudah dilakukan validasi.

"Keluarga yang bersangkutan juga pernah mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa," ujarnya.

Plt Kadis Sosial itu mengaku keluarga tersebut bersama anak-anaknya tidak pernah mendapatkan santunan anak yatim dari Pemerintah daerah setempat.

"Hal itu disebabkan karena almarhum suaminya meninggal tahun 2020 dan Insyaallah akan mendapatkan santunan pada tahun 2021 ini," terangnya.

Dan berdasarkan data yang ada pada pihaknya di dinsos, keluarga mereka tidak pernah menerima bantuan pemerintah lainnya seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Sembako.

"Untuk bantuan yang lain-lainnya, menurut data kami yang bersangkutan tidak pernah menerima seperti BPNT, BST dan SEMBAKO," aku Liza.

Mantan Kepala Bappeda Abdya itu, juga mengatakan yang bersangkutan memiliki dua suami.

"Info yang kita dapatkan suami yang pertama cerai, sedangkan suami kedua sudah almarhum dan ia memiliki dua orang anak," kata Liza.

Penulis:Salman
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahUmum

Komentar

Loading...