Vaksinasi Tahap Dua di Aceh Singkil Akan Dilaksanakan, Maringin: Akan Kami Beberkan Biaya Pelaksanaannya

Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Aceh Singkil, Muhammad Raja Maringin. (Ist)

Singkil, Acehportal.com - Vaksinasi Covid-19 tahap satu sudah dilaksanakan di Aceh Singkil, Aceh 14 hari lalu, Dinas Kesehatan Aceh Singkil rencanakan akan laksanakan Vaksinasi Sinovak tahap dua.

Saat diwawancarai, PLT Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Nurman, melaui Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Aceh Singkil, Muhammad Raja Maringin mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tahap satu di Aceh Singkil sudah dilakukan sejak tanggal launching yakni pada 10 Februari sampai dengan Tanggal 19 Februari 2021.

"Bahkan, vaksin tidak ada lagi yang tersisa. Untuk semua sudah disuntikkan tahap satu, termin satu atau saya ulangi, tahap satu dosis satu, itu dia bahasanya," ungkapnya, Senin (22/2/2021).

Maringin juga menyampaikan, total sasaran sebanyak 957 sasaran sesuai dengan data dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil dan Puskesmas atau pasien kesehatan.

Sasaran yang sudah mendapatkan vaksinasi tahap satu, lanjut dia, untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) sebanyak 927 orang.

"Ada tujuh vaksin atau ada tujuh dosis rusak. Rusak itu karena spetnya begitu ditarik langsung lepas itu namanya nontaksin, maka yang sudah divaksinasi hanya sebanyak 927 orang dan tujuh rusak, tunda divaksin berjumlah 23 orang, karena total vaksin yang kita terima dari Aceh sebanyak 937 dosis," ujarnya.

Maringin juga menambahkan, lebih kurang persentasenya itu jika berdasarkan data, data itu juga bersumber dari data pasien kesehatan 96,9 persen data yang kita terima.

"Kemudian untuk vaksinasi dosis kedua, saya tadi lapor sama Plt, Insya Allah besok berangkat, selesai sholat Zuhur, dari Banda Aceh menuju Pantai Barat dan Selatan, menuju Pantai Barat Selatan kapan sampai di kita, saya tidak tahu, jam berapa, ya sama-sama kita pantau nanti," harapnya.

Untuk dosis yang kedua nanti, dirinya pun belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang akan diterima. Karena, pihaknya juga belum mendapatkan informasi dari pihak Dinas Kesehatan Aceh.

"Cuman perlu diketahui kawan-kawan media, bahwasanya besok selesai shalat zuhur akan berangkat dari Banda Aceh, menuju Pantai Barat Selatan. Terakhir Aceh Singkil, untuk vaksin dosis yang kedua bagi Nakes, karena tahap 2 ini masih tenaga kesehatan (Nakes) yang akan di Vaksin," jelasnya.

Ketika disinggung masalah biaya pelaksanaannya, Maringin menyampaikan, jika untuk dana pembiayaan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Aceh Singkil belum diketahui.

"Saya dengan Pak Plt sudah koordinasi dengan pihak PK bahwasanya kita sudah sampaikan pembiayaan itu. Tapi sampai sekarang, artinya dari tim pihak PK dan sudah kita bahas dua kali dan menyetujui, tapi belum kita dipanggil secara dealnya," ungkapnya.

Maringin juga menambahkan, untuk persoalan tersebut agar dapat menunggu hasilnya agar diketahui berapa jumlah biaya pelaksanaan vaksinasi di Aceh Singkil.

"Berapa sumber pembiayaan, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 mulai dari tahap satu, tahap dua, tiga dan empat, kita akan beberkan nanti," tandasnya.

Komentar

Loading...