Pos TNI AL Singkil Jadi Pelopor Gerakan Pemancangan Patok Tanda Batas Tanah

Pos TNI AL Singkil Jadi Pelopor Gerakan Pemancangan Patok Tanda Batas Tanah. (Ist)

Singkil, Acehportal.com - Petugas Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Singkil yang dipimpin langsung Kepala BPN Aceh Singkil yang diwakili oleh Plt Kasi Pengendalian dan Penanganan Sengketa hadir di Pos TNI AL Singkil (Posal Singkil) yang berlokasi di Gampong Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, Sabtu (20/2/2021).

Kehadiran mereka bertujuan untuk melaksanakan pemasangan patok tanda batas tanah Infentaris Kekayaan Negara (IKN) cq Kementerian Pertahan RI/TNI Angkatan Laut yang menjadi tugas pengawasan dan pengamanan Pangkalan TNI AL Simeulue.

Hal tersebut disampaikan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Simeulue, Letkol Laut (P) Ahmad Fahribi, S.E., M.M. M. Tr. Opsla.

Ia mengatakan, pemasangan patok tanda batas tanah TNI Angkatan Laut di Pos TNI AL Singkil sebagai upaya preventif Lanal Simeulue mengantisipasi terjadinya sengketa tanah yang menjadi aset TNI AL dengan masyarakat sekitar.

"Hal ini juga sebagai implementasi TNI AL, mendukung kebijakan Pemerintah dalam melaksanakan reformasi agraria yang meliputi legalisasi Aset, redistribusi tanah yang berasal dari kawasan hutan dan tanah transmigrasi untuk meningkatkan status sosial ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia," ungkapnya kepada Acehportal.com.

Ahmad Fahribi juga menambakan, letak geografis Aceh Singkil yang terdiri dari dua wilayah yaitu wilayah daratan di Pulau Sumatera dan Kepulauan Banyak di tengah Samudera Hindia tentunya memiliki tantangan tersendiri bagi petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Aceh Singkil untuk mengoptimalkan bantuan pensertifikatan tanah bagi masyarakat.

"Pos TNI AL Singkil sebagai unsur pendudung Pangkalan TNI AL Simeulue yang berada di Aceh Singkil siap bersinergi dengan siapapun termasuk dengan Kantor BPN Aceh Singkil dalam pelaksanaan pengamanan pensertifikatan tanah yang berada di Kepulauan Banyak, sehingga target pemerintah, seluruh tanah tahun 2025 sudah memiliki sertifikat semua dapat tercapai," jelasnya.

Komandan Pos TNI AL Singkil, Lettu Laut (T) Nur Cholis juga berterima kasih atas kerja keras petugas BPN Aceh Singkil yang telah memasang patok batas tanah TNI AL yang berada di Gampong Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Aceh Singkil.

"Sehingga, aset TNI AL menjadi lebih aman dan tidak berpotensi menimbulkan sengketa tanah di masa mendatang, Pos TNI AL Singkil siap menjadi pelopor gerakan pemasangan patok tanah di Aceh Singkil dan siap mendukung kebijakan Pemerintah di bidang pertanahan bersama BPN Aceh Singkil. Semoga target 8.000 sertifikat untuk Aceh Singkil tahun ini dapat diselesaikan," ucapnya.

Komentar

Loading...