TPA Nurul Hidayah Gampong Durian Rampak Gelar Perlombaan Santri

Blangpidie, Acehportal.com - Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Nurul Hidayah Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) mengadakan kegiatan perlombaan untuk santri/santriwati TPA gampong setempat, Minggu (17/1/2021).

Amatan media ini, kegiatan lomba berlangsung di lokasi perkarangan rumah Pimpinan TPA Nurul Hidayah dan dihadiri sejumlah guru pengajar, serta puluhan anak-anak santri/santriwati yang menimba ilmu di TPA tersebut.

Acara lomba terlihat sederhana, hanya bermodalkan satu teratak sebagai tempat bernaung para santri peserta lomba, namun mereka terlihat sangat semangat dan antusias mengikuti perlombaan itu.

Selain dihadiri puluhan santri, juga tampak belasan orang tua atau wali dari santri ikut serta mendampingi dan menyaksikan anaknya tampil di atas panggung. Lomba dibuka langsung oleh Pimpinan TPA Nurul Hidayah, Dahniar.

Dahniar yang akrab disapa Nek Nia itu menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi para santri, dan dukungan orang tua santri, serta masyarakat yang telah membantu suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut.

Nek Nia juga menuturkan, meskipun dirinya dan sejumlah pengajar di TPA Nurul Hidayah bukanlah orang-orang yang berasal dari jenjang pendidikan tinggi, akan tetapi tetap semangat dalam mengasuh dan mendidik para santri sesuai kemampuan ilmu yang mereka miliki.

Nek Nia, usia dirinya sudah lanjut, dibantu beberapa orang guru pendidik yang tinggal di gampong setempat membuat TPA Nurul Hidayah tetap aktif dan berjalan sebagaimana TPA pada umumnya.

Walaupun saat ini rumahnya yang dijadikan tempat proses belajar mengajar para santri, namun upayanya dalam mencetak dan melahirkan generasi yang islami tetap berjalan dengan baik, meski terkadang juga terlihat ada kekurangan disana sini, tetapi para santri nyaman menimba ilmu di TPA tersebut.

"Kami beberapa orang guru pengajar disini bukanlah lulusan sarjana, tapi InsyaAllah semangat kami untuk mendidik anak-anak di Durian Rampak ini sangat kuat sesuai kemampuan ilmu yang kami miliki," kata Nek Nia.

Adapun cabang yang diperlombakan untuk anak-anak santri TPA Nurul Hidayah tersebut, yakni Lomba Azan, Hafalan Ayat Pendek, Bacaan Doa Sehari-hari dan lomba membaca puisi islam.

Bagi santri/santriwati juara pemenang lomba, TPA Nurul Hidayah menyediakan penghargaan se ala kadarnya, yaitu berupa trophy/piala.

Penulis:Salman
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahUmum

Komentar

Loading...