Gampong Lamkuta Gelar Musrenbang Desa TA 2021

Blangpidie, Acehportal.com - Pemerintahan Gampong Lamkuta, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Gampong (Musrenbang) untuk Tahun Anggaran 2021, Sabtu (16/1/2021).

Amatan Acehportal.com, kegiatan dibuka langsung oleh Keuchik Gampong Lamkuta Tarmizi dan turut dihadiri anggota Tuha Peut, Tuha Lapan, Pendamping Desa (PD dan PDTI), PLD, aparatur gampong dan perwakilan masyarakat yang terdiri dari berbagai unsur, tokoh masyarakat, TP PKK, Posyandu, Pemuda, BUMG, TPA, kejruen blang/kelompok tani dan utusan masyarakat dari 3 dusun.

Keuchik Gampong Lamkuta, Tarmizi menjelaskan, forum musrenbang dilaksanakan untuk menggali berbagai permasalahan dan aspirasi masyarakat yang nantinya akan diusulkan dalam rencana kerja pembangunan gampong (RKPG) Tahun 2021.

"Forum Musrenbang ini kita adakan untuk menampung usulan program dari masyarakat, tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga aspek pemberdayaan dan pembinaan masyarakat," ungkap Tarmizi.

Dikatakannya, jika dikalkulasikan akan membutuhkan biaya milyaran rupiah untuk merealisasikan berbagai usulan dari masyarakat tersebut.

Akan tetapi, karena anggaran pendapatan dan belanja gampong (APBG) sangat terbatas, apalagi ada pengurangan alokasi Dana Desa (DD) di 2021, maka banyak program usulan tidak mampu direalisasikan.

Meskipun demikian, pihaknya tetap memprioritaskan Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan dan program padat karya tunai (PKT) di tahun ini.

"Oleh karena itu kami sangat berharap program yang membutuhkan biaya besar bisa mendapatkan bantuan dari DPRK dan DPR Aceh," ucapnya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Blangpidie (PDP) Muhammad Tahir, S.Pd menerangkan kepada peserta Musrenbang tentang kegiatan prioritas yang sudah dituangkan dalam Perbup Abdya tahun 2021.

Tahir juga menyampaikan agar kegiatan prioritas dalam dokumen Perbup itu menjadi perhatian desa dimasukkan dalam APBG berdasarkan jumlah anggaran dana desa yang tersedia pada tahun 2021.

"Tugas kami selaku pendamping desa adalah mendampingi, memfasilitasi dan mengarahkan supaya kegiatan tahapan perencanaan pembangunan gampong ini berjalan sesuai Perbup dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," demikian kata Tahir.

Penulis:Salman
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahUmum

Komentar

Loading...