Seekor Harimau Sempat Terjebak dalam Kandang Ayam Warga di Aceh Selatan

Seekor Harimau Sumatera betina yang terkena jerat di Gayo Lues. (Ist/Dok. BKSDA Aceh)

Tapaktuan, Acehportal.com - Nasib apes dialami seekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) saat hendak memangsa ternak warga yang akhirnya harus terperangkap dalam sebuah kandang ayam di Tapaktuan, Aceh Selatan, Jumat (15/1/2021).

Informasi yang dihimpun Acehportal.com, Arianto, warga Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, dirinya mendengar suara auman binatang itu sangat dekat dengan rumahnya sekitar pukul 02.40 WIB.

Penasaran dengan suara tersebut, Arianto pun memastikan dan ternyata ada seekor harimau sedang terjebak dalam kandang ayam miliknya yang terletak tidak jauh sekitar lima meter.

Mendapati harimau yang terjebak dalam kandang ayamnya, lalu Arianto melaporkan kejadian tersebut kepada warga lainya melalui telepon.

BPBD Aceh Selatan melalui Pos Damkar-PB 01 Tapaktuan turun ke lokasi bersama pihak BKSDA, TNI/Polri untuk melakukan mengevakuasi harimau tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma menjelaskan, setibanya di lokasi tim langsung melihat harimau tersebut sudah berhasil keluar dari kandang ayam.

"Untuk menghindari keresahan masyarakat pagi ini akan kita lakukan pengusiran dengan menggunakan mercon agar harimau tersebut menjauh dari pemukiman masyarakat," kata Cut Syazalisma.

Ia juga mengimbau agar masyarakat yang berada di wilayah perbatasan langsung dengan pegunungan agar lebih mewaspadai ancaman harimau dan hewan buas lainnya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk memasang penerangan di area perkarangan rumah masing-masing.

"Kami juga minta masyarakat menginformasikan kepada Pusdalops BPBD Aceh Selatan jika terjadi hal serupa agar proses penanganan semakin cepat kita lakukan bersama stackholder terkait sehingga kemungkinan terburuk dapat kita hindari," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto yang dikonfirmasi terpisah juga membenarkan hal tersebut. Sang harimau dapat keluar kembali dan kabur ke hutan usai sempat terjebak dalam kandang ayam.

"Benar, namun bisa keluar lagi, kemungkinan harimau muda. Ada ayam yang dimangsa, setelah masuk ke kandang kesulitan untuk keluar," katanya melalui telepon seluler.

Saat ini, pihaknya pun masih melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap satwa liar dilindungi tersebut.

"Masih kita lakukan pengawasan dan pemantauan, pada dasarnya kita berupaya agar satwa itu tak masuk ke pemukiman dan digiring kembali ke hutan," tambahnya.

Penulis:Salman
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...