Komoditi Ikan Cupang yang Dilalulintaskan dari Langsa Hampir Capai Rp 1 Miliar

Kepala BKIPM Aceh, Diky Agung Setiawan (tengah) berbincang kepada para pembudidaya ikan cupang yang berasal dari Langsa dan Aceh Tamiang yang rutin melalulintaskan ikan cupang ke berbagai daerah dari kota Langsa. (Ist)

Langsa, Acehportal.com - Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh, Diky Agung Setiawan membuka kegiatan di awal tahun ini dengan melakukan kunjungan kerja ke kota Langsa sejak kemarin hingga hari ini, Rabu (13/1/2021).

Tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk menindaklanjuti rencana hibah aset tanah Pemko Langsa ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk pembangunan Kantor BKIPM Aceh Wilayah Kerja Langsa.

Selain itu, Kepala BKIPM Aceh juga mengumpulkan para pembudidaya ikan cupang yang berasal dari Langsa dan Aceh Tamiang yang rutin melalulintaskan ikan cupang ke berbagai daerah dari kota Langsa.

Puluhan orang pembudidaya hadir dan diberikan sosialisasi sekaligus evaluasi pelayanan BKIPM Aceh Wilayah Kerja Langsa bagi layanan sertifikasi, khususnya ikan cupang yang dilalulintaskan melalui kota Langsa.

Menurut data BKIPM Aceh, tercatat ada 400 frekuensi pengiriman ikan cupang dari kota Langsa dengan total ikan 9.355 ekor yang apabila dirata-ratakan dengan harga Rp 100.000 per ekor, maka didapat angka senilai Rp 935.550.000 nilai komoditi ikan cupang yang keluar dari kota Langsa.

"Bahkan menurut informasi pembudidaya mereka bisa menjual dengan harga Rp 1 juta rupiah per ekor," ujar Kepala BKIPM Aceh, Diky Agung Setiawan kepada Acehportal.com.

Selain itu, para pelaku usaha ikan cupang di Langsa pun meminta BKIPM Aceh untuk membantu hambatan pengiriman terutama biaya yang masih belum stabil dan bisa mengkoordinasikan dengan pihak pihak terkait.

"Kita sampaikan akan membantu memfasilitasi pertemuan dengan instansi baik swasta dan pemerintah yang ada di kota Langsa untuk mendukung, sehingga ikan cupang dari Langsa memiliki daya saing yang tinggi di pasaran," ungkapnya.

Penulis:Redaksi/Rilis
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahUmum

Komentar

Loading...