Transit Tangse Gelar Gowes Tour De Blang Pandak

Sigli, Acehportal.com - Puluhan pesepeda antusias menuntaskan ajang Gowes Tour De Blang Pandak yang diselenggarakan Transit Tangse dengan rute sepanjang 24 Kilometer, Minggu (10/1/2021).

Transit Tangse merupakan komunitas anak-anak muda peduli wisata dan sejarah yang juga mulai eksis di even sepeda di Banda Aceh.

Dalam ajang Gowes Tour De Blang Pandak, Transit Tangse mengajak goweser menjelajahi rute dengan titik start di Mess Pemda Pidie, Keude Tangse dan menjelajahi sejumlah kampung di Tangse.

Ikut serta dalam rute spesial ini, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud dan isteri serta unsur Forkompimcam Tangse. Fadhlullah TM Daud juga dikenal sebagai pembina Transit yang kerap melakukan silaturahmi dengan berbagai komunitas kaum muda.

Dari Keude Tangse rombongan goweser dari Pidie, Banda Aceh dan Bireuen ini diarahkan menuju Blang Pandak dengan menyusuri jalan besar yang melewati Gampong Pulo Masjid II, Blang Bungong, Blang Dhod dan finis di kawasan kaki bukit Gunong Halimon Blang Pandak.

Blang Pandak dengan Gunong Halimon dikenal sebagai tempat paling bersejarah dalam Perang Aceh melawan Belanda. Putra tercinta pahlawan nasional Tgk Chik Di Tiro bernama Tgk Chik Mahyeddin gugur dalam pertempuran melawan marsose di Gunong Halimon pada 1910.

Di tempat yang sama, Gunong Halimon, juga menjadi tempat gugurnya isteri tercintanya, Cut Mirah Gambang yang juga putri tercinta pahlawan nasional Cut Nyak Dien.

Juru bicara Transit Tangse Muhammad Kasem yang akrab disapa Abu Mukas menyebutkan, etape khusus ini sebagai bagian mencintai alam dan lingkungan serta ikut mengenang sejarah Perang Aceh.

"Ada pembelajaran di setiap etape yang kita gelar, di Blang Pandak ini sebagai kampung pendalaman yang dalam sejarah diketahui sangat memiliki nama penting. Generasi harus tahu itu," kata Abu Mukas.

Di lokasi finish di pantai krueng Blang Pandak, peserta juga dijamu makan siang kuah beulangong khas Tangse sambil ramah tamah silaturahmi keluarga besar Transit Tangse.

Pembina Transit Tangse Fadhlullah TM Daud menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Gowes Tour De Blang Pandak. Menurut dia, etape sepeda ini menjadi bagian penting memperkenalkan keindahan alam Pidie dan sejarah yang ada di dalamnya.

"Sambil silaturahmi, kita keliling bersepeda dan mengangkat nama gampong dengan jejak sejarah yang luar biasa," kata Fadhlullah.

Melalui ajang tersebut, pihaknya sengaja mengenalkan Pidie dengan keindahan alam dan keunikan yang dimilikinya.

"Pidie memiliki semua potensi, Tangse dengan keindahan dan makin dikenal luas. Kita terus promosikan daerah," pungkas Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud.

Komentar

Loading...