Aceh Selatan Dilanda Banjir dan Tanah Longsor

Tapaktuan, Acehportal.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah di Aceh Selatan Jumat (08/01/2021) sore hingga malam mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor di sejumlah titik di Aceh Selatan hingga tanah menutupi ruas jalan lintas gampong.

"Ada beberapa wilayah dampak banjir seperti di Gampong Lhok raya, Cot Bayu, Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur dan beberapa daerah lainya di wilayah kluet Raya hingga luapan sungai yang mengganggu akses jalan dan longsor di beberapa titik sehingga menutupi akses jalan lintas gampong," ujar Kalaksa BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma, Minggu (10/1/2021).

Ia menjelaskan, sejak semalam BPBD telah menurunkan tim untuk pemantauan situasi, pendataan, melakukan kajian cepat sehingga potensi bahaya dapat antisipasi lebih dini.

"Kita juga sudah menurunkan lat berat jenis Loader excavator untuk membersihkan jalan lintas Gampong Manggamat, Kluet Tengah yang semalam sempat tertutup longsoran tanah. Alhamdulillah pagi ini sudah bisa kembali di lalui oleh masyarakat," ungkapnya.

Dirinya pun mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati karena memasuki musim penghujan tersebut. Masyarakat diminta untuk aspadai tanah longsor saat di jalan pengunungan, banjir bandang dan ancaman bencana lain.

"Kepada masyarakat bila ada bencana di wilayah sekitar agar segera menghubungi call canter Pusdalops BPBD 0811 6783 280, karena kita berharap partisipasi masyarakat dalam tanggap bencana sehingga langkah penanganan yang kita lakukan akan semakin cepat," katanya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...