TP PKK Gampong Gudang Blangpidie Gelar Lomba Memasak Antar Dusun

Blangpidie, Acehportal.com - TP PKK Gampong Gudang, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar lomba seni mengolah masakan (tata boga) menu utama serba ikan air tawar.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman kantor Keuchik gampong setempat, Sabtu (9/1/2021).

“Hari ini kami TP PKK Gampong mengadakan perlombaan keterampilan memasak mengolah bahan ikan mujair, dan alhamdulillah ibu-ibu peserta lomba sangat antusias,” ungkap Ketua TP PKK Gampong Gudang Safrina kepada Acehportal.com disela kegiatan.

Safrina mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan ketrampilan memasak dikalangan ibu-ibu PKK yang diikuti beberapa kelompok dari tiga dusun.

“Kita harapkan dengan lomba memasak ini bisa melahirkan kreatifitas dan bisa mengembangkan memasak sehat di rumah dan dikampung sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Keuchik Gampong Gudang, Azharmi melalui Sekdes Agusantri, S.Kom, memberikan apresiasi terhadap ibu-ibu kader PKK gampong yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, karena bisa meningkatkan keterampilan dan inovasi daerah melalui kerajinan memasak,” katanya.

Agus menuturkan, anggaran pelaksanaan kegiatan lomba memasak itu bersumber dari dana desa tahun 2020 sebesar Rp 6 juta yang telah dianggarkan dalam APBG-P.

Dana itu, dikatakannya, dipergunakan untuk pelaksanaan kegiatan 10 Program PKK.

"Kegiatan 10 program pokok PKK ini, para kader sebelumnya telah bermusyawarah sehingga menggelar kegiatan lomba memasak yang sedang berlangsung ini," jelasnya.

Disamping itu, sambung Agus, yang paling penting dari pelaksanaan kegiatan lomba memasak ini ialah mempererat silaturahmi antar warga dan ibu-ibu kader PKK di gampong.

"Masing-masing peserta juara lomba diberikan hadiah berupa trophy dan uang bonus," sebutnya.

Amatan Acehportal.com di lokasi kegiatan, berikut juara lomba memasak TP-PKK Gampong Gudang, Juara I, kelompok satu dari dusun Saed Prang, Juara II, kelompok dua dari dusun Mesjid, dan Juara III, Kelompok tiga dari Dusun Lhung Kapiten.

Aneka menu yang diperlombakan masing-masing kelompok peserta antara lain, Kelompok I : Sayur-sayuran daun pepaya, ikan nila bakar, agar-agar strawberry, sambal kelapa, ikan nila goreng tepung, kue nenas, acar sayur, ikan nila gulai kelapa gonseng.

Kelompok II : anyang rebung, tumis kangkung, pasmol ikan mujair, ruti guling chocholatos, minuman grente chocholatos, gulai mujair asam pedas, tempe goreng tepung panir.

Kelompok III : ikan mujair goreng sambal hijau, sayur sop, kelepon, ikan panggang sambal kecap, gulai lokan kerang, agar-agar, minuman sop buah, ayam bistik.

Kegiatan ditutupi dengan acara makan siang bersama dewan juri, ibu-ibu, para undangan, pemuda dan seluruh warga.

Turut hadir kegiatan tersebut Kasie PMG Sekretariat Kantor Camat Blangpidie, Nur Atiyah S.Ag, dan Darwita, Diah Hafni, Ibrasim Yusuf, masing-masing mereka merupakan dewan juri, M. Tahir SPd, Affan Arafat ST dari Pendamping Desa Kecamatan, Agus Rahman Pendamping Lokal Desa, dan perangkat gampong setempat.

Penulis:Salman
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahUmum

Komentar

Loading...