12 Gampong di Abdya Tidak Bisa Salur BLT Tahap III 2020, Ini Sebabnya

SalmanKeterangan Foto : Proses penyaluran BLT-DD Tahap III salah satu gampong di Kecamatan Blangpidie, Abdya. (Foto direkam Selasa, 22/12/2020)

Aceh Barat Daya, Acehportal.com - Sebanyak 12 gampong dari total jumlah 152 gampong di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tidak bisa menyalurkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap III secara penuh hingga bulan Desember Tahun 2020.

Tahap III ini jatah untuk tiga bulan berturut-turut jika dihitung penuh yaitu mulai bulan Oktober, November, dan Desember.

Sedangkan deadline masa penyaluran BLT-DD tahap III itu berakhir hingga Desember 2020.

Informasi yang dihimpun Acehportal.com, dari 152 gampong dalam sembilan kecamatan di Abdya, 92% diantaranya sudah tuntas menyalurkan BLT tahap III hingga Desember 2020.

Kepala Dinas DPMP4 Abdya Musawir, S.Sos melalui Kabid PMG, Arif Zulfahmi saat dihubungi media ini, Jum'at (8/1/2021), membenarkan jika ada sejumlah desa tidak dapat menyalurkan BLT-DD tahap III lantaran karena keterbatasan anggaran dana desa.

Arif menyebutkan, jika pada tahap III ini gampong yang telah sukses menyalurkan BLT-DD jatah bulan Oktober sebanyak 140 gampong, November 139 gampong dan Desember 136 gampong.

Meskipun demikian, masih ada beberapa gampong tak sepenuhnya mampu menyalurkan BLT-DD tahap III ini.

Artinya tak mampu penuh menyalurkan jatah bulan Oktober, November, dan Desember 2020. Tetapi hanya bisa menyalurkan jatah sebulan atau dua bulan saja.

"Jadi ini kan BLT-DD tahap III tidak semua dapat menyalurkan, karena anggaran dana desa tidak cukup. Untuk saat ini yang tidak bisa menyalurkan BLT tahap III penuh sampai bulan Desember ada sekitar 12 gampong" terangnya Arif.

Menurut data yang diterima pihaknya, dipaparkan Arif jumlah gampong yang tidak bisa menyalurkan BLT-DD Tahap III secara penuh (Oktober, November, Desember), diantaranya 1 gampong berada di Kecamatan Blangpidie, yakni gampong Keude Siblah.

Sebanyak 2 gampong di Kecamatan Manggeng, yaitu gampong Paya, dan Sejahtera. Satu gampong di Kecamatan Susoh, gampong Padang Baru. Kemudian, 1 gampong di kecamatan Kuala Batee, gampong Geulanggang Gajah.

Dan, lanjutnya 7 gampong di Kecamatan Babahrot, yakni Gampong Pante Rakyat, Alue Jeurejak, Rukoen Damee, Simpang Gadeng, Teladan Jaya, Alue Dawah dan Cot Seumantok.

Sedangkan gampong yang tidak sepenuhnya mampu menyalurkan BLT hingga full sampai bulan Desember, akan tetapi hanya satu atau dua bulan saja, yakni gampong Padang Sikabu (Kecamatan Kuala Batee).

"Gampong tersebut hanya bisa salur satu bulan saja jatah Oktober. Selebihnya, untuk bulan November dan Desember tidak bisa salur akibat ketidakcukupan anggaran dana desa," jelasnya.

Disamping itu, kata dia ada 3 gampong hanya bisa salur BLT selama dua bulan saja (Oktober, November), namun tidak bisa salur untuk jatah bulan Desember.

Masing-masing gampong tersebut, ialah gampong Ie Lhob (Kecamatan Tangan-tangan), Pasar Kota Bahagia (Kecamatan Kuala Batee), dan gampong Ladang Tuha (Kecamatan Lembah Sabil).

Penulis:Salman
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...