Gempa Tektonik Susulan Masih Terjadi di Langsa

Ilustrasi Gempa Bumi, foto : Liputan6

Banda Aceh, Acehportal.com - Gempa bumi tektonik kembali terjadi, Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 10.51 WIB. Dimana, gempa mengguncang wilayah Langsa dengan kekuatan 4,9 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, dari hasil analisa pihaknya gempa berlokasi di darat pada jarak 21 kilometer Barat Laut Kota Langsa pada kedalaman 8 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang berada di daerah Langsa," ujarnya.

Ia menjelaskan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Langsa (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Hingga pukul 12.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan ada lima kejadian aktivitas gempabumi susulan (aftershock), susulan (gempa) hingga kini sekitar tujuh kali," katanya.

Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...