Ini Cara Babinsa Bantu Petani Bajak Sawah

Abdya - Di zaman modern seperti saat ini, masih ada petani yang menggarap lahannya secara tradisional, karena dengan membajak sawah menggunakan kerbau dan bajak tradisional ini diyakini akan mampu mempertahankan humus tanah dan menjaga kwalitas dari padi yang dihasilkan, tekstur lumpur pun lebih halus dan tidak tercemari oleh limpahan bahan bakar dan oli.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 01/Blangpidie Koptu Iwan Setyawan membantu petani membajak sawah dengan luas lahan 2 Ha milik Bpk Ramli, Desa Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Rabu (25/11/2020).

Pada kesempatan tersebut Koptu Iwan mengatakan,"Pengolahan dengan menggunakan sapi jauh lebih asyik dan ini yang pertama kali saya laksanakan karena selama ini memakai hand traktor.

Tidak kalah menarik lagi sapi yang dipergunakan untuk menggarap lahan juga terkadang susah untuk dikendalikan, sehingga canda tawa bersama petani tercipta dan menambah hubungan keakraban semakin terjalin.

Lanjutnya menjelaskan," Kegiatan tersebut sekaligus sebagai pembelajaran bagi anggota Babinsa dalam melakukan pendampingan terhadap petani di wilayah binaan.

Di samping itu bisa mempererat tali silaturahmi antara TNI bersama masyarakat sehingga jika terjadi sesuatu di desa warga bisa langsung berkoordinasi dengan Babinsa,” ujar Iwan.

Penulis:rilis
Rubrik:ExtKodam IM

Komentar

Loading...