Kejari Aceh Timur Musnahkan Barang Bukti

Idi, Acehportal.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Timur memusnahkan barang bukti kasus perkara narkotika dan kasus perkara Keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnegtiban) yang sudah incracht, Senin (23/11/2020) kemarin.

Pemusnahan barang bukti itu dilakukan di Kantor Kejari Aceh Timur yang berada di Gampong Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Aceh Timur, Abun Hasbullah Syambas mengatakan, pemusnahan yang dilakukan terhadap barang bukti mulai periode Januari hingga Oktober 2020 itu perkaranya sudah incracht.

Hal ini merupakan tugas jaksa untuk melaksanakan putusan pengadilan, sesuai Pasal 30 Ayat (1) huruf b UU Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan.

"Dari banyaknya kasus perkara narkotika yang ditangani pihak Kejaksaan Aceh Timur yang sudah incracht, 34 perkara terpidana dituntut mati serta 15 perkara terpidana hidup," ujarnya.

Barang bukti yang sudah miliki kekuatan hukum tetap (incracht) tersebut diantaranya barang bukti jenis sabu seberat 436,09 gram dan ganja seberat 370.279 gram.

"Selain perkara narkotika, kita juga memusnahkan barang bukti dari dua perkara Keamanan Negara dan Ketertiban Umum (Kamnegtiban) yang terdiri dari tiga pucuk senjata api laras panjang jenis AK beserta tiga magazen-nya, 400 butir amunisi aktif, lima selongsong amunisi AK yang disita dari perkara terpidana Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)," ungkap Kajari.

Untuk senjata api laras panjang beserta tiga magazen, pemusnahannya dilakukan dengan cara dipotong menggunakan mesin gerinda. Terkait barang bukti lain dari Kamnegtibum, pihaknya juga turut memusnahkan 500 bungkus rokok merk Luffman.

Adapun dasar pemusnahan barang bukti ini merujuk Pasal 270 KUHAP, putusan pengadilan Pasal 30 ayat (1) huruf b UU Nomor 16 Tahun 2004.

"Hal ini membuktikan, pihak Kejaksaan dan aparat penegak hukum Polres Aceh Timur telah melakukan penuntutan secara maksimal," Abun Hasbullah Syambas.

Dalam pemusnahan itu, turut hadir Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, Dandim 0104/Atim yang diwakili Danramil 05/Idr, Lettu Inf Supriyanto, Ketua Pengadilan Negeri Aceh Timur diwakili Hakim Pengadilan Negeri, Ike Kesuma SH, dan Kalapas Idi, Eka Priyatna.

Penulis:Edi
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahHukum

Komentar

Loading...