Pelihara Kemampuan Satuan dan Prajurit Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0107/Aceh Selatan Gelar Latgubencal

Aceh Selatan - Kodim 0107/Aceh Selatan menggelar kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam yang berlangsung selama beberapa hari kedepan dari mulai tanggal 16 sampai dengan 20 November 2020 bertempat di komplek Makodim 0107/Aceh Selatan, Senin (16/11/2020).

Kegiatan Latihan Penanggulanagan Bencana Alam (Latgubencal) yang di gelar ini tetap mengikuti anjuran Protokol Kesehatan Covid-19.

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Inf R Sulistiya Herlambang HB melalui Bati Ops Serka Hasbibullah menjelaskan,

Tujuan di laksanakan latihan tersebut adalah untuk memelihara kesiapan personel maupun satuan dalam mengantisipasi dan meminimalisir adanya korban akibat bencana alam seperti banjir ini.

"Selain itu juga, kegitan ini dalam rangka meningkatkan kemampuan satuan dan prajurit  Kodim dalam memberi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana alam di wilayah."sebut Batiops.

Lebih lanjut, Bati Ops menjelasakan, mekanisme latihan taktis penanggulangan bencana alam diskenariokan menyerupai kondisi yang dialami saat tanggap darurat.

"Dimana latihan penanggulangan bencana ini mempelajari latihan taktis penanggulangan banjir, dimulai dari teori, drill teknis dan hari ini puncaknya latihan driil taktis.

"Kita ketahui, goegrafi aceh selatan salah satu wilayah yang terletak di antara pegunungan dan lautan, oleh sebab itu juga kondisi wilayah aceh selatan tegolong rawan terhadap banjir dan tanah longsor."jelasnya lagi.

Untuk itu, pada kesempatan latihan tersebut ia meminta peserta latihan untuk dapat mengikuti dan memahami materi latihan yang disampaikan oleh pemateri. Sehingga saat mengaplikasikan di lapangan dapat maksimal dan berjalan dengan lancar.

Penulis:rilis
Rubrik:ExtKodam IM

Komentar

Loading...