Rapid Test Gratis Hari Kedua, 10 Orang Reaktif dari 201 Tes yang Dilakukan

Banda Aceh, Acehportal.com - Polda Aceh bersama Kodam IM mengadakan Bakti Kesehatan TNI-Polri dengan memberikan pelayanan rapid test secara gratis bagi masyarakat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Rapid test gratis untuk masyarakat ini diselenggarakan selama dua hari sejak Sabtu kemarin hingga hari ini, Minggu (8/11/2020). Warga pun antusias mengikuti kegiatan itu dengan sukarela melakukan rapid test.

Rapid test gratis pada hari kedua ini juga dihadiri langsung oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada bersama Pangdam IM, Mayjen TNI Hassanudin beserta para pejabat lainnya dari kedua instansi tersebut.

Karo Ops Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengungkapkan, pada hari ini dilakukan sebanyak 201 tes terhadap warga yang berada di Lapangan Blang Padang. Alhasil, 10 orang dinyatakan reaktif dan 191 orang lainnya non reaktif.

"Mereka yang reaktif dianjurkan untuk beristirahat di rumah atau melakukan isolasi mandiri, termasuk dengan mengecek ke rumah sakit agar hasilnya lebih akurat apakah terpapar virus atau tidak," ungkap Karo Ops.

Agus menjelaskan, selain melakukan rapid test gratis, pihaknya juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang dinyatakan reaktif tersebut. Pemberian sembako dilakukan oleh Tim Peucrok dengan mendatangi rumah-rumah warga itu setelah sebelumnya terdata.

"Tujuannya adalah mengimbau mereka agar melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing untuk sementara waktu. Ini semua dilakukan sebagai salah satu upaya memutuskan mata rantai Covid-19 di wilayah kita," jelasnya.

"Kegiatan ini juga akan berlanjut kedepannya dengan sistem mobiling, dimana tim bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya untuk melayani masyarakat yang dilakukan dengan terpadu," tambah Kombes Pol Agus Sarjito.

Salah seorang warga yang reaktif berterima kasih kepada Tim Peucrok, khususnya Polda Aceh dan Kodam IM beserta seluruh unsur terkait lainnya atas kepedulian serta perhatian yang diberikan.

Ia pun berharap, hasil rapid test tersebut tak berarti apa-apa, namun untuk memastikan dirinya beserta anggota keluarga akan melakukan pemeriksaan di rumah sakit.

"Kita juga akan melakukan isolasi mandiri di rumah karena juga tidak ada gejala apa-apa, menurut saya kegiatan ini sangat baik dilakukan, terima kasih bapak-bapak," ungkapnya saat Tim Peucrok berkunjung ke rumah.

Sebelumnya, sebanyak 16 orang warga dinyatakan reaktif dari 120 tes rapid yang dilakukan kemarin. Mereka pun dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah serta melakukan pemeriksaan lanjut ke rumah sakit.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Aceh, khususnya di Banda Aceh. Oleh karena itu rapid test gratis dilakukan agar kita dapat mendeteksi lebih dini.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:KesehatanUmum

Komentar

Loading...