Rapid Test Gratis di Lapangan Blang Padang, 16 Warga Reaktif dari 120 Tes

Rapid test gratis untuk masyarakat di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh yang digelar oleh Polda Aceh dan Kodam IM, Sabtu (7/11/2020). (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Polda Aceh bersama Kodam IM mengadakan rapid test gratis bagi masyarakat di Banda Aceh, khususnya masyarakat yang sedang berolahraga atau berada di sekitar Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Rapid test gratis ini dilakukan sejak pagi tadi, Sabtu (7/11/2020). Selain itu, rapid test tersebut juga akan dilakukan Minggu (8/11/2020) besok. Dimana, petugas medis nantinya akan langsung melakukan tes rapid kepada warga yang berkenan.

Karo Ops Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito mengungkapkan, kegiatan rapid test gratis ini dilakukan dalam rangka Bakti Kesehatan TNI-Polri berdasarkan Surat Perintah Kapolda Aceh yang dikeluarkan pada 6 November kemarin.

"Ini dilakukan untuk mendeteksi lebih dini serta salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah kita," ujar mantan Dir Reskrimum serta Dir Resnarkoba Polda Aceh ini.

Pelaksanaan rapid test gratis tersebut dilakukan dengan melibatkan 100 orang personel dari TNI dan Polri yang dalam hal ini adalah Kodam IM dan Polda Aceh.

Dalam kegiatan itu, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin pun turut hadir langsung. Selain itu, juga hadir Kabid Dokkes Polda Aceh, Kombes Pol Arios Bismark, Kabid Humas, Kombes Pol Ery Aprioyono serta pejabat lainnya baik dari Polda Aceh maupun Kodam IM.

"Kegiatan ini dilakukan selama dua hari yakni hari ini Sabtu dan besok Minggu, dimana kita bersama Kodam IM menyiapkan sebanyak 120 alat rapid test gratis untuk masyarakat yang ingin tes," jelasnya.

Pada hari pertama ini, sebanyak 120 orang melakukan rapid test. Dimana dari jumlah tersebut diketahui hasil bahwa 104 orang warga non reaktif dan 16 orang warga lainnya reaktif.

"Berdasarkan keterangan tim medis, reaktif ini bukan berarti positif Covid-19, oleh karena itu dianjurkan agar memeriksakan kembali kesehatannya ke rumah sakit biar hasilnya diketahui pasti nanti serta beristirahat di rumah. selain rapid gratis juga ada pembagian sembako yang dilakukan oleh Tim Peucrok," jelasnya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:KesehatanUmum

Komentar

Loading...