SAR Temukan Korban Tenggelam, Diduga Kuat yang Hilang di Syiah Kuala Kemarin

Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jasad korban. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Tim Basarnas menemukan seorang warga yang merupakan korban tenggelam di kawasan arus besar Aceh Besar, Rabu (4/11/2020). Diduga kuat, korban merupakan orang yang tenggelam di Syiah Kuala beberapa hari lalu.

Kepala Kantor SAR (Kakansar) Banda Aceh, Budiono mengungkapkan, kemarin seorang nelayan hilang saat melaut di perairan Syiah Kuala, Banda Aceh. Korban yakni Zainal Syah (51), warga Gampong Peulanggahan, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

"Pada tanggal 31 Oktober 2020 kemarin sekitar pukul 07.00 WIB korban pergi ke laut untuk mencari ikan, hingga sore hari korban belum pulang," ujarnya.

Sekitar pukul 19.00 WIB pasca diketahui korban hilang, nelayan yang melintas di perairan Syiah Kuala pun menemukan boat yang digunakan korban untuk melaut. Diduga, korban jatuh dari boatnya dan tenggelam. Boat yang ditemukan dalam kondisi mesin yang masih hidup itu pun lalu ditarik nelayan ke Syiah Kuala.

"Pencarian kembali dilakukan setelah itu, namun korban juga belum ditemukan, pencarian melibatkan tim dari Basarnas, Polairud Polda Aceh, BPBD dan lainnya hingga akhirnya ditemukan di sekitar arus besar Aceh Besar sekira pukul 11.00 WIB tadi," jelas Budiono.

Korban, pertama kali terlihat oleh boat nelayan bernama KM Jasa Bunda yang sedang melintas di sekitar arus besar. Para nelayan itu pun langsung melaporkan penemuan tersebut kepada tim SAR gabungan.

Tim SAR gabungan yang mendapat informasi tersebut langsung menuju ke lokasi menggunakan 1 Unit Sera Rider dan langsung mengevakuasi korban. Jasad korban pun lalu dibawa ke Pelabuhan Ulee Lheue yang kemudian dibawa ke RSUDZA Banda Aceh.

"Hasil visum baru akan keluar dua minggu kedepan, namun pihak keluarga korban telah memastikan dan yakin bahwa itu adalah korban berdasarkan ciri-ciri yang terlihat," tambah Budiono.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...