Kurangi Volume Sampah, DLHK3 Banda Aceh Edukasi Pemilahan Sampah di Hotel-hotel

Tim dari DLHK3 Banda Aceh melakukan sosialisasi pengelolaan sampah di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Selasa (3/11/2020). (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan, dan Keindahan Kota (DLHK3) Banda Aceh melakukan kunjungan sosialisasi dan edukasi pengelolaan sampah perhotelan, di Hermes Palace Hotel, Banda Aceh, Selasa (3/11/2020).

Kepala DLHK3 Banda Aceh, Hamdani mengatakan, sebelumnya pedoman teknis pemilahan dan pembatasan timbunan sampah ini hanya dilakukan di kampung-kampung, instansi dan sekolah. Saat ini, kegiatan tersebut kembali dilakukan di sepuluh hotel di Banda Aceh.

“Kebetulan kita da 10 hotel dulu dalam tahun ini sebagai pilot project pemilahan dan pembatasan timbunan sampah di sektor perhotelan,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Hendra Gunawan melalui Kepala Seksi Teknologi Pengelolaan Sampah, Rosdiana mengatakan, kegiatan ini dilakukan guna mengedukasi dan mengajak pihak perhotelan untuk melakukan pemilahan sampah sebagai upaya pengurangan sampah dari sumbernya di Kota Banda Aceh.

"Dimana sampah-sampah yang sebelumnya biasa dicampur menjadi residu, di sini kita terlebih dahulu lakukan pemilahan berdasarkan jenisnya," katanya.

Lebih lanjut Rosdiana menjelaskan, penerapan pengelolaan sampah diharapkan tidak hanya diberlakukan di sektor  perhotelan saja, namun juga restoran-restoran yang ada di Kota  Banda Aceh.

“Namun juga semua hotel dan juga restoran yang ada di Banda Aceh dapat menerapkan pengelolaan sampah, baik pemilahan dan juga pengurangan dari sumbernya, sehingga hanya residunya saja yang masuk ke TPA," ujarnya.

Menurut Rosdiana, sejauh ini sepuluh hotel sebagai pilot project sudah mulai menerapkan pengelolaan sampah dengan baik, meskipun masih ada beberapa hotel yang masih  belum menerapkan pola pemilahan sampah.

Kendati demikian ia mengaku, pihak DLHK3 Banda Aceh terus berusaha melakukan sosialisasi dan pendampingan terhadap hotel-hotel tersebut.

Sebelumnya, pihak DLHK3 Banda Aceh sudah melakukan kegiatan serupa di 2 hotel lainnya yakni Hotel Mekkah dan Kyriad pada 26 Oktober lalu.

Penulis:Redaksi/Rilis
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...