Tiga Pemuda Aceh Utara Seludupkan Sabu dibekuk Sat Resnarkoba Polres Langsa

EdiKetiga tersangka bersama barang bukti.

Langsa, Acehportal.com - Anggota Sat Resnarkoba Polres Langsa berhasil membekuk tiga lelaki pengedar sabu antar provinsi asal Aceh Utara di dalam Bus Umum ketika dilakukan razia di Pos Lantas Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat, Minggu (1/11/2020).

Kapolres Langsa, AKBP Giyarto, melalui Kasatnarkoba, Iptu Imam Aziz Rachman dalam keterangannya di Mapolres Langsa, minggu (1/10/2020), dimana ketiga tersangka yang dibekuk diantaranya berinisial MA (19) dan MU alias Bayek (27) merupakan warga Gampong Meunasah Beunot Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara, serta SD (43)  penduduk Dusun Cot Puuk Gampong Babah Buloh Kecamatan Sawang Kababupaten Aceh Utara.

Selanjutnya dikatakan Kasat Resnarkoba, ketiga tersangka yang berhasil diciduk personilnya itu berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ada dua lelaki membawa narkotika jenis sabu menggunakan bus umum yang akan diseludupkan ke Lampung dalam jumlah besar melewati Kota Langsa.

Menerima informasi ini Kasat Resnarkoba bersama anggotanya langsung terjun kelapangan melakukan penyelidikan terkait informasi dimaksud.

Dari hasil penyelidikan, diketahui target menumpangi Bus Umum trayek dari Kota Banda Aceh menuju Kota Medan dan untuk selanjutnya akan diseludupkan oleh kedua tersangka ke Lampung, jelas Kasatnarkoba.

Kemudian bersama anggota Sat Lantas Polres Langsa di jalan antar lintas sumatera tepatnya depan Pos Lantas Gampong Simpang Lhee Kecamatan Langsa Barat dilakukanlah razia.

Ketika dilaksanakan pemeriksaan didalam sebuah Bus terhadap para penumpang dan barang bawaan disitu ditemui salah satu tas milik tersangka MA berupa barang bukti satu paket besar diduga sabu yang dibungkus dalam kemasan teh merk Guanyinwang warna hijau seberat 1.060 gram.

Dari pengakuan tersangka MA bahwa dirinya membawa sabu tersebut bersama temannya berinisial MU alias Bayek yang juga berada di dalam bus, lalu keduanya diamankan.

Selanjutnya, pengakuan MA dimana paket sabu dimaksud diperoleh dari temannya berinisial SD yang juga bertempat tinggal di Kabupaten Aceh Utara.

Menerima info ini pihak kepolisian langsung melakukan pengembangan ke Kabupaten Aceh Utara untuk dilakukan pencarian terhadap teman tersangka berinisial SD.

Kemudian berkat hasil pengembangan itu SD berhasil dibekuk di pinggir jalan Gampong Lagang Kecamatan Muara Baru Kabupaten Aceh Utara bersama barang bukti satu unit HP merk Oppo warna putih dan satu unit Sepmor merk Yamaha N-Max.

Sementara pengakuan tersangka SD bahwa sabu tersebut dia peroleh dari temannya yang berinisial A (DPO) berdomisili di luar provinsi Aceh, dan kini masih dalam proses penyelidikan Sat Resnarkoba Polres Langsa.

Lalu ketiga tersangka bersama barang bukti diamankan ke Mapolres Langsa guna proses penyidikan lebih lanjut.

Sementara ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 112 ayat (2) Subs Pasal 114 ayat (2) Undang- Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun penjara,  pungkas, Kasatnarkoba mengakhiri.

Penulis:Edi
Rubrik:DaerahHukum

Komentar

Loading...