Bukit Ek Nok Aceh Besar Dapat Dikuasai oleh Prajurit Lanud SIM

Banda Aceh, Acehportal.com - Dengan berbekal semangat juang yang tinggi, para prajurit udara Lanud Sultan Iskandar Muda melaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan untuk merebut bukit Ek Nok yang disimulasikan telah dikuasi musuh.

Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) TW.II ini diawali dengan drill droping pasukan, patroli dan tehnik tempur dasar yang dilaksanakan di Mako Lanud SIM.

“Latihan Hanlan ini merupakan Program Kerja Operasi dan Latihan (Opslat) Lanud Sultan Iskandar Muda yang dilaksanakan persemester guna untuk mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Aceh khususnya di Lanud Sultan Iskandar Muda dan sekitarnya,” jelas Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pas Agung Setyo Budi, S.H.

Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo, S.H., mengatakan
Dalam latihan tersebut, peserta akan mendapatkan berbagai materi, di antaranya tentang Taktik dan Teknik Gelar Pasukan, Pertahanan Pangkalan, Pertahanan Obyek Vital, Patroli, Penindakan, perebutan sasaran dan Konsolidasi.

Selain itu kegiatan latihan hanlan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pedoman bagi personel Lanud SIM supaya memahami dengan baik tahapan yang harus dilakukan tiap personel dalam mempertahankan pangkalan.

Latihan ini penting untuk dilaksanakan Karna sejatinya kita sebagai Tentara itu ya harus bertempur," pungkas Danlanud.

"Ini merupakan cermin, apakah prajurit kita betul-betul sudah siap, setengah siap ataukah belum siap sama sekali," tegasnya. Silakan di evaluasi sehingga kedepan apa bila kita laksanakan kegiatan seperti ini lagi tentunya kita akan lebih siap dan mebih matang lagi.

TNI Angkatan Udara memang beroperasi di udara. Tetapi manakala kita diminta untuk bertempur di darat pun kita harus mampu untuk melaksanakannya. Mudah-mudahan ini menjadi kemampuan yang akan selalu kita miliki, sehingga kita akan selalu siap beroperasi baik di Darat, Laut maupun Udara.

Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan aman baik dan lancar. Itu semua terbukti dari safety yg utama sudah kita capai, kemampuan juga sudah kita miliki. Bangga dengan diri sendiri.

"Saya bangga dengan rekan-rekan semua dengan prajurit Lanud SIM. Muda-mudahan ini menjadi tolak ukur bahwa Lanud Sultan Iskandar Muda tetap bisa melaksanakan kegiatan apapun," terangnya.

Penulis:Redaksi/Rilis
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...