Polisi Tangkap Empat Penambang Emas Ilegal di Nagan Raya

Sukamakmue, Acehportal.com - Polres Nagan Raya berhasil melakukan penangkapan terhadap empat orang tersangka yang diduga pelaku tindak pidana ilegal minning atau pertambangan emas ilegal di kawasan Desa Kila, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya.

Adapun tersangka yang diamankan diantaranya berinisial SB (42) yang merupakan pemilik modal, sedangkan HR (48) yang menjadi operator beko, sementara SBA (51) sebagai mekanik dan diketahui tersangka yang berinisial AM (47) juga pemilik modal dalam penambangan emas ilegal tersebut.

Kapolres Nagan Raya AKBP Risno melalui Kasat Reskrim AKP Fadhilla Aditya Pratama kepada acehportal.com Kamis (22/10/2020) mengatakan, penangkapan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat setempat terkait adanya aktivitas penambangan emas ilegas di kawasan Desa Kila.

"Dari informasi tersebut kemudian anggota Sat Reskrim melakukan penggerebekan ke lokasi yang jarak tempuhnya dari Desa kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan roda empat dan 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki,"Kata Kasat Reskrim.

Sesampai di lokasi tim sat Reskrim yang ditugaskan dalam penggerebekan ilegal minning tersebut melihat satu unit alat berat excavator (Beko) merek hitachi warna oren di lokasi yang sedang melakukan aktivitas pertambangan emas.

Kemudian mereka meminta izin terkait aktivitas pertambangan dan ternyata aktifitas tertambangan tersebut tidak memiliki izin apapun, pada saat itu petugas mengamankan 4 orang yang diduga sebagai pekerja penambangan ilegal tersebut dan kemudian dibawa ke polres nagan raya untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Selain pelaku yang dapat diamankan polisi juga berhasil menyita barang bukti diantaranya satu unit exavator merk Hitachi warna orange, lembar ambal penyaring warna hijau, penyaring asbuk dan emas pasir lebih kurang 5 gram.

"Penangkapan terhadap empat pelaku ini dilakukan karena diduga telah melakukan tindak pidana pertambangan emas ilegal sesuai Pasal 158 UU No.4 Th 2009 tentang Minerba.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...