SAR Evakuasi Seorang Kru Kapal Kargo Asing yang Meninggal di Selat Benggala

SAR Evakuasi Seorang Kru Kapal Kargo Asing yang Meninggal di Selat Benggala. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Basarnas Aceh kembali melakukan evakuasi medis terhadap seorang kru kapal kargo asing yang berada di Selat Benggala, Selasa (13/10/2020) siang. Korban meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Adalah Jason P Padaong (48) dengan jabatan Chief Officer yang merupakan warga negara Filipina. Ia diketahui memiliki riwayat penyakit abdomen akut, demam, batuk kering dan serangan jantung.

Kakansar Banda Aceh, Budiono mengungkapkan, Jason merupakan kru kapal kargo asing bernama MV Morandi yang berangkat dengan rute Ukraina menuju China.

"Senin siang kemarin Basarnas Aceh menerima informasi dari PT Jatarim Binau Lines tentang seorang kru kapal yang meninggal Kamis lalu dan membutuhkan medivac," ujarnya.

Setelah menerima informasi ini, Basarnas langsung berkoordinasi dengan pihak Imigrasi, KKP, Syahbandar, agen kapal serta unsur terkait lainnya hingga disepakati untuk melakukan medivac sejak pagi tadi.

"Tim gabungan bergerak ke lokasi menggunakan KN SAR Kresna dan tiba di kapal MV Morandi sekitar pukul 09.20 WIB, lalu dilakukan koordinasi untuk mengevakuasi korban," kata Budiono.

Setelah mengevakuasi korban dari kapal kargo asing itu, tim langsung kembali ke dermaga Pelabuhan Ulee Lheue. Korban pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh menggunakan ambulans.

"Proses evakuasi dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19 karena korban sudah meninggal, hanya dianalisa record medis oleh KKP. Kata pihak KKP hasil analisa belum bisa dikatakan 100 persen, katanya 50 persen melihat gejala tetapi kita perlakukan seperti Covid-19," jelas Kakansar.

Dalam proses evakuasi medis ini, selain SAR juga melibatkan pihak TNI-Polri, Bea Cukai, KKP, Syahbandar serta pihak yang lainnya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...