22 Kali Gempa Terjadi di Gayo Lues Aceh dalam 9 Jam

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh, Djati Cipto Kuncoro saat menunjukkan data terkait gempa bumi pagi ini. (Ist)

Gayo Lues - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 22 gempa bermagnitudo 2 hingga 3 terjadi di Gayo Lues, Aceh. Puluhan gempa itu hanya terdeteksi di alat pemantau.

"Sejak pukul 04.00 WIB hingga 13.00 WIB hari ini teman-teman on duty coba merekap bahwa ada 22 kejadian gempa bumi tektonik yang berdasarkan hasil analisa parameternya berpusat di Gayo Lues," kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Djati Cipto Kuncoro, kepada wartawan, Senin (28/9/2020).

Gempa M 3,5 terjadi sekitar pukul 09.42 WIB dengan kedalaman 2 Km. Berselang beberapa menit kemudian, terjadi gempa M 3,0 pada pukul 09.56 WIB.

Djati mengatakan gempa di tenggara Gayo Lues itu hanya direspons oleh sensor-sensor yang terpasang di beberapa wilayah di Aceh. Kekuatan gempa, katanya antara M 2 hingga M 3.

"Kita masih terus memonitor, terkait anomali dan karena belum adanya dampak kerusakan serta dampak dirasakan sehingga kita belum dapat menyimpulkan gempa utama serta gempa susulan. Kita sedang melihat tren kejadiannya," jelas Djati.

Belum ada laporan korban ataupun kerusakan akibat ke-22 gempa tersebut. Tak ada potensi tsunami yang dipicu gempa tersebut.

Sumber:detik.com
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...