Ungkap Penyeludupan Sabu 300 Kg, 42 Personel Polda Kalsel Dapat Penghargaan

Foto: 42 personel Polda Kalsel dapat penghargaan (M Risanta/detikcom)

Banjarmasin, Acehportal.comSebanyak 42 personel Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan penghargaan dari Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta. 42 personel Polda Kalsel tersebut berprestasi karena mengungkap penyelundupan sabu seberat 300 kilogram (kg) asal Malaysia.

Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta kepada 42 personel Direktorat Reserse Narkoba di Aula Mathilda Polda Kalsel, Banjarmasin, Jumat (25/9/2020). Adapun personel yang mendapatkan penghargaan antara lain Direktur Reserse Narkoba Kombes Iwan Eka Putra, Wadir Narkoba AKBP Budi Hermanto, Kasubdit 2 AKBP Ugeng Sudia Permana, dan puluhan personel lainnya.

"Polri tentunya akan memberikan penghargaan kepada anggota yang berprestasi. Pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada personel yang berprestasi berdedikasi tinggi demi kesatuan dan bekerja melebihi panggilan tugas," kata Kapolda Kalsel, Irjen Pol Nico Afinta.

Penghargaan ini, menurut Nico Afinta sebagai upaya menerapkan sistem reward dan punishment dalam pembinaan dan peningkatan SDM Polri. Melalui sistem reward dan punishment, Polri memberikan penghargaan kepada personel yang berdedikasi dan sebaliknya anggota Polri yang melakukan pelanggaran maupun kesalahan akan di hukum dan ditindak tegas.

"Prestasi jajaran Ditresnarkoba Polda Kalsel memang patut diapresiasi. Jika sebelumnya sudah berhasil mengungkap 208 Kg dari jaringan yang sama, selanjutnya 300 Kg, maka total barang bukti yang diamankan sudah mencapai 508 Kg. Ini salah satu pengungkapan terbesar di luar Polda Kalsel selain di Jawa," ujar Nico Afinta.

Kasubidt 2 AKBP Ugeng Sudia Permana bersyukur dan terima kasih kepada Kapolda Kalsel atas pemberian penghargaan. Hal ini menjadi motivasinya untuk bekerja lebih baik lagi ke depan.

"Ke depan kita akan berusaha lebih baik dan penghargaan ini jadi motivasi kita agar bekerja lebih baik lagi," ujar Ugeng kepada wartawan usai menerima penghargaan.

Polda Kalsel menimbang ulang sabu asal Malaysia yang dicoba diselundupkan ke Banjarmasin. Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta mengatakan sabu selundupan tersebut beratnya 300 kg.

"Semula kita taksir berat barang bukti itu 200 kg. Namun, setelah dilakukan penghitungan ulang, ternyata bobotnya 300 kg. Ini merupakan tangkapan besar sebagai kado di Hari Kemerdekaan kita yang ke-75," ungkap Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta saat menggelar jumpa pers di halaman Mapolda Kalsel, Jumat (7/8).

Upaya penyelundupan tersebut digagalkan operasi tim gabungan Satgassus Merah Putih Bareskrim Polri, Polda Metro Jaya, dan Polda Kalsel. Sabu ditemukan di salah satu halaman parkir hotel di bilangan Banjarmasin pada Kamis (6/8) pukul 10.00 Wita yang dibawa dua orang pria yang diduga kuat anggota sindikat narkoba internasional.

Sumber:Detik.com
Rubrik:Nasional

Komentar

Loading...