DPRD Kotim dukung TMMD karena Sangat Membantu Pembangunan Desa Terpencil

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rambat dan Parningotan Lumban Gaol.

Kotawaringin Timur  - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-109 Reguler tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan di Desa Bapinang Hilir dan Babirah Kecamatan Pulau Hanaut.

Anggota DPRD Kotawaringin Timur, Rambat mengatakan, sejak dulu masyarakat sudah mengetahui dedikasi TNI dalam membantu masyarakat, termasuk membangun desa-desa terpencil, selain tugas utamanya menjaga kedaulatan negara dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Seperti dalam TMMD tahun ini, lokasi yang dipilih adalah dua desa yang memang masih terisolasi, terpencil dan infrastrukturnya masih terbatas. Kegiatan ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat dan daerah.

"Program TMMD ini otomatis dapat membantu daerah terisolir agar tidak lagi terisolir lagi, setidaknya untuk akses antardesa. Dengan lancarnya akses maka diharapkan akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat," kata Rambat.

Terbatasnya infrastruktur menjadi salah satu kendala percepatan kemajuan di desa-desa terpencil. Masyarakat terhambat dalam mengangkut hasil panen sehingga berdampak terhadap penghasilan mereka.

Jika akses terhambat, maka dampaknya sudah pasti kurang baik terhadap perekonomian. Di sisi lain, kemampuan pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan desa-desa terpencil juga masih terbatas.

Kehadiran kegiatan TMMD menjadi salah satu solusi untuk membantu pembangunan di desa-desa terpencil dan terisolasi. Ini dipastikan akan sangat bermanfaat karena profesi warga di Kotawaringin Timur ini umumnya masih mengandalkan hasil pertanian.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar sehingga membawa manfaat besar bagi masyarakat. Pemerintah daerah dan masyarakat desa tentu sangat bangga dan selalu siap membaur bersama untuk menyukseskan TMMD ini," kata Rambat.

Sementara itu, Komandan Kodim 1015/Spt Letkol CZI Akhmad Safari mengatakan, untuk sasaran fisik ada perbaikan tiga jembatan dan satu mushalla, serta pembangunan posko terpadu. Kegiatan dilaksanakan dengan metode gotong-royong anggota TNI, Polri dan masyarakat desa setempat.

"Kami berharap kegiatan dengan sasaran fisik dan nonfisik ini membawa manfaat bagi masyarakat. Sebelumnya kami sudah melakukan survei sehingga apa yang dilaksanakan dalam kegiatan ini memang sesuai aspirasi dan keinginan masyarakat," kata Akhmad Safari.

Perwira yang juga Komandan Satuan Tugas TMMD tersebut berharap kegiatan berjalan lancar. TMMD juga diharapkan semakin memperkuat kebersamaan dan memperkokoh persatuan dengan terwujudnya Kemanunggalan TNI dan rakyat.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Ext

Komentar

Loading...