Antisipasi Penyebaran Covid-19, Tim Gabungan Aceh Barat Razia Masker bagi Pengendara

Tim Gabungan Satgas Aceh Barat gelar razia masker di jalan raya, tepatnya di Simpang Empat Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis (17/9/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri dan Satpol PP Aceh Barat menggelar razia masker bagi pengguna jalan raya, baik roda dua maupun roda empat serta becak bermotor.

Penertiban itu berpusat di Lampu Merah Simpang Empat Rundeng, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Kamis (17/9/2020).

Kapolres Aceh Barat, AKBP Adrianto Argamuda melalui Kabag Ops, AKP Ikmal mengatakan, kegiatan yang dilakukan hari ini guna meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan masker saat berpergian atau di tempat keramaian.

"Kegiatan yang kita laksanakan hari ini sesuai Peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2020 yaitu Penertiban Protokol Kesehatan di ruang publik, jika nantinya ditemukan pengendara yang tidak menggunakan masker, maka akan di kenakan sanksi seperti denda 50 ribu sampai 100 ribu rupiah," kata AKP Ikmal.

Dikatakannya, hari ini merupakan hari terakhir untuk peringatan bagi yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Namun untuk selanjutnya jika masih juga ditemukan warga yang membandel atau tidak memakai masker, maka akan dikenakan denda sesuai peraturan yang telah diterapkan oleh Bupati Aceh Barat.

Selain denda uang sebanyak Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu, juga denda sosial lainnya yang nantinya akan diterapkan. Sementara, peraturan tersebut sudah berlaku sejak keluarnya peraturan itu dari pemerintah setempat. Namun hari ini, pihaknya masihemberikan teguran terhadap pengguna jalan raya yang tidak menggunakan masker.

"Sebenarnya denda itu sudah berlaku, namun kita melihat kondisi kearifan lokal juga, karena masyarakat kita juga banyak yang berpergian dari daerah-daerah terpencil, namun hari ini masih kita berikan teguran jika ditemukan berulang akan kita lakukan penindakan," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu sebenarnya  dilakukan oleh stackholdernya yang dalam hal ini adalah Satpol PP. Namun, TNI dan Polri akan terus membantu penuh dengan bersama-sama menerapkan protokol kesehatan bagi masyarakat Aceh Barat.

Selain itu, kegiatan yang sama juga akan terus dilaksanakan sampai masyarakat Aceh Barat benar-benar memiliki kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mengingat kasus Covid-19 semakin meningkat untuk itu kegiatan ini terus kita lakukan sampai warga patuh terhadap protokol kesehatan," tutup AKP Ikmal.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...