Polisi Tangkap Satu Penambang Ilegal di Aceh Barat

Polisi Tangkap Satu Penambang Ilegal di Aceh Barat

Meulaboh, Acehportal.com - Polres Aceh Barat mengamankan seorang tersangka yang diduga melakukan penambangan ilegal di kawasan aliran sungai Krueng Cahop Angkup yang berada di Gampong Mesjid Antong, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat.

Polisi mengamankan tersangka berinisial IM yang ditangkap pada Jumat (11/9/2020) sekira pukul 19.00 WIB lalu. Sementara, pelaku lainnya yang juga melakukan penambangan emas ilegal dapat melarikan diri.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Adrianto Argamuda melalui Kabag Ops, AKP Ikmal mengatakan, penangkapan dilakukan setelah pihaknya mendapat informasi dari masyarakat setempat terkait adanya aktivitas penambangan ilegal di kawasan Sungai Krueng Cahop.

"Sesuai dengan informasi dari masyarakat tersebut tim Unit V Resmob yang dipimpin langsung oleh Kanit Resmob dan anggotanya langsung menuju ke lokasi penambangan ilegal pada pukul 19.00 WIB, sesampai di TKP petugas berhasil mengamankan satu orang pelaku sementara yang lainnya dapat melarikan diri," katanya Rabu (16/9/2020).

Dari tangan tersangka, petugas juga mengamankan barang bukti diantaranya satu unit alat berat ekskavator (beko), satu unit kotak putih plastik yang berisikan emas yang masih bercampur pasir, tiga lemmbar karpet serta satu unit alat indang emas yang terbuat dari kayu.

Akibat ulahnya, polisi menetapkan IM sebagai tersangka dan dikenakan sanksi sesuai Pasal 158 UU RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba), dengan ancaman hukuman lima tahun penjara paling lama dan denda paling banyak Rp 100 miliar.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...